Media Partisipatif

Gambar

Konsolidasi 3 Lembaga Mitra WN

Koordinator WN Nusa Tenggara Barat

World Neighbors  (WN) adalah sebuah organisasi Internasional yang bersifat  nirlaba yang berkerja bersama masyarakat marginal pada beberapa daerah yang sangat rentan secara ekologis diwilayah Asia, Afrika dan Ameriak Latin. Sejak didirikan pada tahun 1951 oleh Dr. John L. Peter, World Neighbors telah membantu lebih dari 25 juta orang di 45 negara untuk memperbaiki kehidupan mereka. World Neighbors membantu masyarakat untuk mengembangkan, mengelola, dan melanjutkan program mereka sendiri. Hampir seluruh program mulai dengan menggunakan sumberdaya yang secara lokal tersedia dan sederhana, serta teknologi yang murah. Seiring dengan peningkatan kemampuan dan kepercayaan diri masyarakat, pemimpin-pemimpin dan organisasi lokal ditumbuhkembangkan untuk mengambil alih tanggung jawab pengelolaan program, memperluas hasil dan dampak program, serta berpartisipasi dalam koalisi untuk advokasi menuju pada perubahan-perubahan yang lebih luas.

Program pertama World Neighbors dimulai di India dan kemudian menyebar secara luas ke negara-negara lainnya. Pada saat ini, program World Neighbors mengintegrasikan pertanian berkelanjutan, kesehatan masyarakat dan gizi, kesehatan reproduksi, pengelolaan sumberdaya alam berbasis masyarakat, dan pengembangan sumber-sumber penghidupan masyarakat pedesaan. Sedangkan aspek keadilan gender dan pengembangan kapasitas lokal terintegrasi pada semua program. Kedua aspek tersebut dimaksudkan untuk mendorong terjadinya proses perubahan sosial pada berbagai tingkatan terutama berhubungan dengan pola relasi gender dan pengembangan kepemimpinan lokal di dalam masyarakat untuk melanjutkan proses pengembangan dan hasil-hasilnya.

Di Indonesia, program World Neighbors pada awalnya dikembangkan di wilayah Nusa Tenggara Timur. Dan sejak tahun 2001 World Neighbors memperluas wilayah pelayanannya ke wilayah Pulau Lombok dan tahun 2004 ke Pulau Sumbawa, keduanya di Propinsi Nusa Tenggara Barat. (*)

Di Pulau Lombok World Neigbors bermitra dengan 3 lembaga lokal yang berlokasi di Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur sesuai dengan daerah pelaksanaan program, ketiga lemabaga tersebut adalah :  Pusat Study Pembangunan NTB (PSP-NTB), Beriuk Gagas Kesejahteraan Masyarakat Desa (Berugak Dese) dan Lembaga Pemberdayaan Sumber Daya Mitra (LPSDM). Konsolidasi 3 lembaga yang berada di kawasan lombok bertujuan untuk membangun kesepahaman tentang RKO, RAB dan Mainstone serta cara-cara membangun koordinasi dengan desa serta instansi terkait dimasing-masing kabupaten dalam menyusun program plan yang diadakan di Sekretariat Berugak Dese Kopang Lombok Tengah pada hari jumat, 3 September 2014. Dan sebelum konsolidasi antar lembaga diadakan, Pak Sasmita selaku koordinator World Neigbors Nusa Tenggara Barat telah melakukan pendampingan selama 2 hari dimasing-masing lembaga.

(*) Sumber : Katalog mitra World Neighbors

One response

  1. Cerdas. Semoga program dgn WN tidak “seolah ujan”, mendung menggantung, awan pekat, gemuruh bertalu…..eh begitu turun ternyata rintis kocet-kocet. he he bejorak

    10 Oktober 2015 pukul 09:44

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s