Media Partisipatif

Gambar

Sholat Idul Adha 10 dzulhijjah 1435 H di Masjid Darussalam Kopang

Pelaksanaan Sholat Idul Adha, 4 Oktober 2014

Hari Raya (Lebaran) Idul Adha 1435 Hijriah  atau tahun 2014 Masehi antara keputusan Pemerintah dan Muhamadiyah kembali terjadi perbedaan, dan dimana pada perayaan Idul Fitri tahun 2014 terjadi persamaan pandangan sehinga dilaksanakan bersamaan. Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 dzulhijjah atau 70 hari setelah Idul Fitri, menurut  Kementerian Agama  melalui siding isbat telah menetapkan awal bulan dzulhijjah (1 dzulhijjah) jatuh pada tanggal 26 September 2014 Masehi  berbeda dengan beberapa perhitungan penanggalan lainnya, sedangkan Pemerintah Arab Saudi menetapkan tanggal 1 dzulhijjah jatuh pada tanggal 25 September 2014 Masehi.

Perbedaan Keputusan Pemerintah dengan Muhammadiyah dan organisasi keagamaan lainnya janganlah dibuat sebagai suatu  perdebatan yang berkepanjangan, tapi mari kita buat perbedaan ini sebagai penambah kekayaan dalam menjalankan agama menurut kepercayaan dan keyakinan masing-masing, bagi umat maupun organisasi keagamaan  yang meyakini hari raya Idul Adha jatuh pada 4 oktober maupun tanggal 5 oktober 2014 Masehi agar menjalankan keyakinannya dengan saling menghargai.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Bagi Umat Islam yang berdiam di Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang selalu melakukan sholat Ied dua kali di Halaman Masjid Darussalam Kopang, Karena seluruh masyarakat Kopang menyadari bila Masjid besar yang terletak di tengah-tengah pusat desa ini  merupakan milik semua umat Islam dari semua golongan dan kelompok, sehingga bila terjadi perbedaan dalam meyakini keputusan pemerintah maupun kelompok, masyarakat dipersilahkan menjalankan keyakinannya ditempat yang sama. Begitu juga dengan pelaksanaan Idul adha kali ini, yang dilaksanakan pada sabtu  pagi tanggal 4 oktober dan besok pada tanggal 5 oktober 2014.

Yang bertindak selaku Imam pada Sholat Idul Adha sabtu pagi 4 oktober 2014 yaitu Ustadz faizol dan yang bertindak selaku khatib ialah Haji Gazi Husen.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s