Media Partisipatif

Sampingan

PAWAI TAKBIRAN & LAMPION

Macam Bentuk Lampion

Macam Bentuk Lampion

Malam takbiran Idul Fitri 1434 Hijriah (7-8-2013) terlihat begitu meriah di Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sekitar ratusan lampion warna-warni menyemarakkan malam penuh kemenangan tersebut.

Ketua Panitia Penyelenggara Pawai Takbiran sekaligus Ketua Remaja Masjid Darussalam Kopang, Lalu Jaka Arsoma mengatakan iring-iringan lampion yang di Lepas oleh Bapak sekretaris Camat (Sekcam) Kopang Lalu Halik, S.Sos dan Kepala Desa Kopang Rembiga Agus Agrianto, S.Ip dari Halaman KUD Utama Kopang menempuh Rute sepanjang 2,5 Km.

“Lampion tersebut diarak oleh para remaja masjid Perwakilan dari masing-masing dusun melalui jalan utama dan berkahir dihalam masjid Darussalam kopang.  Menurut Panitia, tradisi pawai takbiran ini telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu dan kami hanya mengikuti tradisi dari para pendahlu kami. Masyarakat pun sangat antusias untuk berpartisipasi, baik itu dari kalangan remaja, anak-anak, para orang tua, bahkan kakek dan nenek.

Pawai takbiran yang diadakan tiap tahun ini dbertujuan untuk syiar Islam, dan juga menghidupkan malam hari raya. “Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, siapa saja yang menghidupkan malam dua hari raya, maka Allah akan menghidupkan hatinya kelak di hari kiamat.

Adapun beberapa hal yang jelas dapat dilihat pada lomba takbiran, berupa miniatur masjid, lampion dengan berbagai macam variasi, dan juga ornamen-ornamen kaligrafi, yang dikerjakan secara swadaya oleh para peserta. Selain kreatifitas tim juri juga melakukan penilaian keindahan lantunan suara serta lafal takbir dan tasbih yang dikumadangkan oleh peserta selama lomba berlangsung, Keragaman peserta, ketertiban juga menjadi penentu kemenangan.

Setelah semua peserta mencapai finish, panitia segera mengumpulkan hasil penilaian dan dilanjutkan dengan lomba keselarasan pukul bedug dan takbir. Adapun yang berhak mendapatkan hadiah utama berupa Tropi dan Uang Pembinaan Sebesar Rp. 1.500.000,- pada lomba kali ini adalah Wahana Pemuda Tampi Karya Kampung Bajok Dusun Kopang I, didampingi oleh Remaja Masjid Dusun Pendagi dan sebagai pemenang ketiga adalah Remaja Masjid Dusun Bebak.

Allahuakbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La illaha illallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillah Ilham.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

4 responses

  1. Lalu Pangkat Ali

    A great night…..tp sy lbih memilih tafakkur d dlm rumah……

    9 Agustus 2013 pukul 15:47

  2. “Lampion tersebut diarak oleh para remaja masjid Perwakilan dari masing-masing dusun melalui jalan utama dan berkahir dihalam masjid Darussalam kopang. Menurut Panitia, tradisi pawai takbiran ini telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu dan kami hanya mengikuti tradisi dari para pendahlu kami. Masyarakat pun sangat antusias untuk berpartisipasi, baik itu dari kalangan remaja, anak-anak, para orang tua, bahkan kakek dan nenek.

    21 Agustus 2013 pukul 23:44

  3. Koreksi sekwcottttttt Nama ketuanya jaka wahyudi bor….bukan jaka harsoma (orang lain ne)

    Hehe apa lagi saya kan lain
    Jaka wiharja

    24 Juni 2016 pukul 10:39

  4. Seharusnya panitia juga memberikan suprise buat peserta lampion “terjelek & terkren”, bukan hanya terbaik,terapi, terindah……mungkin saya menilai, lampion terjelek & terkren jatuh pada peserta dari BATAKO, wow kreeeeen!

    27 Juli 2016 pukul 08:05

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s