Media Partisipatif

Gambar

Kunjungan Wakil Preiden RI Ke Desa Kuta Lombok

IMG_7634

KMBERUGAKDESE-Wakil Presiden RI H. Jusup Kala beserta rombongan tiba di Pulau Lombok Sekitar Pukul 09.00 Wita melalui Bandara Internasional Lombok (BIL). Dari BIL rombongan wakil presiden langsung menuju Kota Mataram dalam rangka pembukaan Muktamar Nasional Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) pada hari sabtu, 12 desember 2015. Dalam lawatan ini rombongan wapres menyempatkan mengunjungi desa kute, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah.

Rombongan yang tiba di Kantor Desa Kute sebagai tempat berlangsungnya acara, tanpa  acara seremonial.

Kunjungan Wapres beserta rombongan di Lombok Tengah dalam rangka peluncuran Sistim Informasi Desa (SID), menggali informasi tentang serapan Dana Desa serta pemanfaatannya dan juga melakukan dialog dengan pemerintahan Desa, Kader Pemberdayaan, Organisasi Masyarakat yang fokus mengawal Perencanaan dan Pembangunan desa, juga warga masyarakat lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Desa Montong Gamang Enggos Sofian Indra, mendapat apresiaisi dari Wapres dengan kemampunya menjelaskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) secara rinci. Bahkan wapres juga terbelalak dengan kecilnya gaji Kepala Desa dan Sekretaris Desa Montong Gamang, jika dibandingkan dengan jumlah serapan dana  desa yang sudah mencapai diatas 1, 2 M. dan yang lebih membanggakan, ketika bapak wapres meminta soft copy dari APBDes tersebut yang dijawab secara seponta, semua yang kami paparkan tersebut sudah bisa di akses atau diunduh melalui WEB Desa Montong Gamang secara online.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah Desa montong gamang merupakan penerapan dari sebagian kecil amanat UU No. 6 tahun 2014 tentang desa pada pasal 84 Terkait Sisitim Imformasi Desa, dan juga UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Sebelum meninggalkan lokasi acara, wapres berkesempatan menuliskan sebuah pesan sebagai catatan penting untuk desa “ PEMBANGUNAN DESA AGAR DILAKSANAKAN SECARA BERSAMA DENGAN GOTONG ROYONG DAN JUGA DIAWASI AGAR MUTUNYA TERJAMIN UNTUK DINIKMATI OLEH SELURUH MASYARAKAT”

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s