Media Partisipatif

Gambar

Sekolah Sebagai Taman Tempat Pembelajaran Yang Nyaman

DSC_0232

Kopang, 2 Mei 2015 : Peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupate Lombok Tengah di pusatkan di Kopang. Panitia pelaksana bersama pelaku pendidikan dan staf camat kopang, melakukan persiapan semaksimal mungkin guna kesuksesan acara, karena acara peringatan Hardiknas tingkat kabupaten ini baru untuk pertama kalinya di adakan di luar ibukota kabupaten dan kecamatan kopang mendapat kepercayaan untuk mengawalinya. Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu siswa siswi SMPN 3 Kopang mengisi acara dengan pagelaran teatrikal bertopik pendidikan, tari prisaian dan kreasi tari daaerah.

DSC_0237Pada peringatan Hari Pendidkan Nasional ini, Bupati Lombok Tengah H, Suhaili FT, SH membacakan  sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih, karena atas ijin, rahmat dan karunia-Nya kita berkesempatan untuk merayakan hari Pendidikan Nasional.

Republik Tercinta ini berdiri atas gagasan anak-anak muda terdidik dan tercerahkan. Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran mereka untuk membangun sebuah negeri bhineka yang modern, sebuah Negara yang berakar pada adat dan kebudayaan bangsa nusantara berasazkan gotong royong dengan tetap menumbuhkembangkan kesejajaran dan kesatuan sebagai sebuah Negara modern. Pendidikan telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan dan menguatkan ketahanan pilar moral. Gagasan dan perjuangan yang membuat Indonesia dijadikan sebagai rujukan oleh bangsa-bangsa di Asia Afrika. Kini kita sudah 70 tahun merdeka, kemerdekaan itu tidak hanya untuk menggulung kolonialisme, melainkan juga untuk menggelar kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pendidikan itu seperti tangga berjalan yang mengantarkan kita meraih kesejahteraan yang jauh lebih baik. Secara konstitusional mendidik adalah tanggung jawab Negara,  namun secara moral mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Mengembangkan kualitas manusia Indonesia harus dikerjakan sebagai gerakan bersama, semua harus ikut peduli, bahu membahu, saling sokong dan saling topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan. Oleh karena itu peringatan hari pendidikan nasional tahun ini kita mengambil tema “Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila”.

Pendidikan Nasional berkarakter Pancasila bertujuan mengembalikan kesedaran tentang pentingnya karakter  pancasila. Sudah digariskan bahwa pendidikan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulai, sehat, berilmu, cakap, kreatip, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Peringatan Hari Pendidikan Nasional  tidak bisa dilepaskan dari sosok Ki Hajar Dewantara, yang menyebut sekolah dengan istilah taman, taman merupakan tempat belajar yang menyenangkan, anak datang dan berada ditaman dengan senang hati,  dan pada saat harus meninggalkan taman maka anak akan merasa berat hati. Pertanyaannya, sudahkah sekolah kita seperti taman, sekolah menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Sekolah menyenangkan memiliki berbagai karakter diantaranya dengan melibatkan semua komponen, baik guru, orang tua maupun siswa dalam proses pembelajaran. Sekolah yang pembelajarannya relevan dengan kehidupan ialah sekolah yang pembelajarannya memiliki ragam pilihan dan tantangan, dimana individu diberikan berbagai pilihan dan tantangan sesuai dengan tingkatannya. Dihari pendidikan nasional ini mari kita kembalikan semangat dan konsep Ki Hajar Dewantara bahwa sekolah harus menjadi tempat belajar  yang menyenangkan. Sebuah wahana yang membuat tenaga para pendidik merasakan mendidik  sebagai sebuah kebahagiaan, peserta didik merasakan belajar sebagai sebuah kebahagiaan, pendidikan sebagai sebuah kegembiraan, pendidikan yang menumbuhkembangkan potensi peserta didik agar menjadi insan berkarakter pancasila.

Sebelum menghakhiri sambutan ini, saya mewakili seluruh jajaran pelayan masyarakat lombok tengah, dan juga masyarakat lombok tengah, mengucapkan  alhamdulillah wa syukurillah, terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar para pendidik, para panitia dan masyarakat kopang pada khususnya maupun wilayah kecamatan kopang pada umumnya, saya sangat mengapresiasi pelaksanaan upacara kali ini, dimana suasana penyelenggaraan terasa sangat nyaman dan  sangat menyejukkan.

sebagai wujud rasa syukur, terima kasih  dan apresiasi sebagai pelayan masyarakat lombok tengah, melalui kesempatan ini saya selaku Bupati Lombok Tengah menginstruksi/memerintahkan kepada TAPD melalui pintu APBD Perubahan yang akan datang juga melalui pimpinan dewan agar menganggarkan dana untuk :

  1. Perbaikan lapangan kopang, lintasan ataupun trotoar dipinggiiran lapangan supaya diperlebar dan dipingirannya juga dibuatkan tempat-tempat olah raga yang umum atau tempat terapi.
  2. Saya lihat ada lapangan tenis yang terkelola dengan baik pasti alasannya adalah ketidak beradaan dana, ini patut dan pantas menjadi perhatian kita, sehingga saya perintahkan hari ini, detik ini, kali ini, dan harus selesai tahun ini. Bappeda ataupun TAPD dan panitai Anggaran Pemerintah Daerah Lombok Tengah, Dikpora, PU, mulai besok atau minggu besok membuat perencanaannya, perbaiki Lapangan tenis dan buatkan tempat parkir.
  3. Dikpora, saya melihat kondisi sekolah disekeliling lapangan bangunannya sudah tidak layak padahal ini merupakan sekolah-sekolah andalan dikecamatan kopang dan mulai tahun ini perbaiki TK, SD segera disesuai dengan standar kelayakan sarana pendidika dan juga  SMP masih memprihatinkan dan ini menjadi perhatia kita semua, kemudian juga SMA nya kelihatan sudah cukup lama, sehingga kopang kedepan akan menjadi kota andalan utama dilombok tengah, terlebih kopang yang berada  di Zona utara dan menjadi kebanggan kita dan merupakan salah satu muka atau wajah lombok tengah karena jalur ini dilalui oleh lintasan yang menghubungkan berbagai kota dan pulau serta provinsi lainnya, sehingga perlu menjadi perhatian kita bersama  sebagai wujud rasa syukur dan hendaknya dibudayakan/dibiasakan untuk penyelengaraan hari-hari besar bisa dilaksanakan secara bergilir di zona utara, tengah maupun selatan. Dan harapan saya “ jangan sampai apa yang saya katakan terakhir ini hanya sebagai lip service/pemanis bibir, penghias moral” tapi catat, kemudian cermati dan perhitungkan, laksanakan, wujud nyatakan !!!

Diakhir acara Bupati dan Wakil Bupati serta semua Kepala Dinas dijajaran SKPD Lombok Tengah membagikan hadiah bagi siswa-siswi berprestasi pada bidang masing-masing. Setelah acara selesai Bupati dan Wakil Bupati mengunjungi stand pameran yang diisi dengan kegiatan praktik siswa-siswi sekolah dilingkup kecamatan kopang. Bupati dan Wabub sangat terkesan dengan keahlian dan pengetahuan otomotif yang diperagakan oleh siswa SMKN 1 Kopang, lalu menyempatakan diri berpoto bersama distand pengembangan kreatipitas siswa dan banyak meluangkan waktu untuk berbincang dengan salah seorang siswa penyandang dipable yang masih duduk dikelas 2 di SMKN 1 Kopang jurusan Multi Media. Dan wabup Drs. H. Normal Suzana juga menyempatkan diri untuk menyetir mobil yang dipergunakan praktik berkeliling ditengah lapangan upacara, bahkan salah seorang anggota dewan menyempatkan diri menunjukkan kepiawaiannya diatas motor trail bahan praktik siswa jurusan otomotif.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

3 responses

  1. mohon diralat yang tampil teatrikal adalah SMPN 3 KOPANG bukan SMAN 1 Kopang….!!!

    13 Mei 2015 pukul 20:02

  2. Hery

    betul itu, mohon supaya segera di ralat biar kerja keras mereka tidak sia-sia. meski cuma dapat sekedar ungkapan kata apresiasi. mereka itu anak2 Jurnalis Pemula kampung media Komunitas SMPN 3 KOPANG juga lho…..

    13 Mei 2015 pukul 21:33

    • makasih atas koreksi dari saudara Fauzan dan Hery

      14 Mei 2015 pukul 22:02

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s