Media Partisipatif

Gambar

Jurakan atau Panjat Pinang

DSC_0245

Jurakan dalam bahasa Sasak Lombok atau panjat pinang merupakan salah satu kegiatan  lomba  yang membutuhkan nyali, ketekunan, kesabaran serta tenaga extra ini bisa kita temukan hampir disemua daerah di Inonesia, dan kegiatan ini biasanya diadakan dalam rangka memeriahkan hari Ulang tahun kemerdekaan RI yang tiap tahunnya dirayakan oleh rakyat Indonesia. Dan biasanya pohon pinang yang sudah dilumuri  lemak dengan berbagai hadiah mulai  dipanjat setelah selesai upacara pengibaran bendera.

Panjat pinang sendiri merupakan permainan warisan dari penjajah belanda  dulu, dengan maksud sebagai hiburan dikala ada acara atau hajatan. Selaian merupakan warisan dari belanda, prosesi panjat pinang ini juga popular di Fujian, Guangdong dan Taiwan pada saat perayaan pestival hantu.(Wikipedia.org)

Dalam perkembangan jaman dan makin meningkatnya perekonomian masyarakat Lombok, panjat pinang tidak hanya bisa ditemukaan saat bulan agustus tetapi lomba  ini bisa juga kita temukan dibeberapa desa atau kampung ketika mengadakan perayaan Maulid Nabi.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s