Media Partisipatif

15 KELURAHAN/DESA LOMBOK TENGAH DEKLARASI ODF

????????

Buang Air Besar Sembarang merupakan perbuatan terscela, perbuatan tersebut tidak hanya merugikan bagi mereka yang melakukannya juga merugikan keluarga dan orang lain, itulah salah satu isi pernyataan deklarasi yang dibacakan oleh 15 Kepala Desa/Lurah sekabupaten Lombok Tengah.

Deklarasi yang dipusatkan di Desa Lendang Are Kecamatan Kopang ini, selain dihadiri oleh Bapak Bupati Lombok Tengah H. Muh. Suahili. FT juga dihadiri oleh seluruh camat dan kepala Desa serta SKPD Lombok Tengah. Pada sambutannya Bupati menekankan bahwa deklarasi ini merupakan pengakuan bersama antara komponen masyarakat dan pemerintahnya dalam mewujudkan cita-cita bersama yang dibangun dalam semangat persatuan dan jiwa kekeluargaan yang masih berakar kuat ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Dan bila perlu buatlah suatu aturan atau awig-awig dari tingkat dusun sampai dengan desa agar masyarakat jera untuk buang air dengan bebas disembarang tempat, anjur Bapak Bupati.

15 Desa/Kelurahan yang telah mencanangkan diri sebagai desa/kelurahan ODF (Open Defecation Free) Bebas Buang Air Besar sembarang Tempat tersebut terdiri dari 5 Kelurahan dan 10 Desa yaitu : Kelurahan Praya, Semayan, Leneng, Panji Sari dan Kelurahan Prapen, sedangkan 10 desa lainnya adalah : Desa Aik Bual, Lendang Are, Kopang Rembiga, Semparu, Jangu, Presak, Bunkate, Prine, Tanak Rarang dan desa Segala Anyar. Dalam kesempatan yang sama Bapak Bupati juga menyerahkan secara simbolis 4 Unit Mobil Puskesmas Keliling  kepada 4 desa yaitu Desa Batu Jangkih, Pringgarata, Ganti dan Penujak.

Adapun Deklarasi yang ditandatangani oleh 15 kepala desa/kelurahan tersebut berisi :

DEKLARASI

KAMI MASYARAKAT DI SELURUH KELURAHAN/DESA YANG DIDEKLARASI MENYATAKAN BAHWA :

  1. PERILAKU BUANG AIR BESAR SEMBARANG TEMPAT MERUPAKAN PERBUATAN TERCELA. PERBUATAN TERSEBUT TIDAK HANYA MERUGIKAN BAGI MEREKA YANG MELAKUKAN, JUGA MERUGIKAN KELUARGA DAN ORANG LAIN.
  2. SEJAK SAAT INI DAN SETERUSNYA, KAMI TIDAK AKAN MELAKUKAN BUANG AIR BESAR SEMBARANG TEMPAT DAN TIDAK AKAN MEMBIARKAN ORANG LAIN MELAKUKANNYA DIWILAYAH KAMI
  3. KAMI MENYADARI BAHWA UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN, MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB KAMI JUGA. UNTUK ITU, KAMI AKAN SENANTIASA MELAKUKAN KEGIATAN YANG DAPAT MENINGKATKAN KESEHATAN KAMI
  4. KAMI PERCAYA TERHADAP SEMANGAT DAN KEMAMPUAN YANG KAMI MILIKI, SEHINGGA KAMI SIAP MENJADI CONTOH BAGI SIAPAPUN
  5. SEMOGA TEKAD KAMI MENDAPATKAN KEMUDAHAN DAN RIDHA DARI ALLA. SWT.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s