Media Partisipatif

ZIARAH KUBUR

Ziarah Kubur

Ziarah Kubur

Ziarah kubur menjelang Ramadhan dan Idul Fitri merupakan tradisi yang baik dilakukan, sepanjang memiliki niat dan tujuan untuk mendo’akan makam kerabat, keluarga, atau para ulama yang berpengaruh terhadap islam, didalam ziarah kita tak hanya berkujung tetapi juga mengirimkan do’a, melantunkan ayat suci Al-Qur’an, bersholawat, membaca tahlil, tahmid dan takbir.

dengan ziarah kubur kita senantiasa diingatkan tentang adanya kehidupan lain setelah kehidupan ini. Dan orang yang masih hidup menyadari akan kematian, karena memang kehidupan yang sekarang adalah rentetan dari kehidupan lain yang akan dilakoni manusia. Dan kematian hanyalah perhentian sementara dari pekerjaan yang bakal kita lalui itu.

Bagi Masyarakat Suku Sasak, ziarah kubur kebanyakan dilakukan pada pagi hari yaitu sebelum mereka berangkat melakukan shalat Idul Fitri maupun Idul Adha. Dan lebih tepatnya Masyarakat secara berkelompok menuju kuburan keluarga, kerabat dan handai tolan setelah melakukan shalat subuh.

Fenomena kematian merupakan tarbiyah ruhaniyah (pendidikan rohani) yang efektif untuk meningkatkan kadar moralitas keagamaan seseorang. Ini, karena dengan mengingat kematian, seseorang akan berpikir seribu kali bila ingin berbuat maksiat. Orang gampang korupsi, bertindak sewenang-wenang, tirani, serakah, mau menang sendiri, suka menyakiti orang lain, misalnya, karena tiadanya kesadaran akan kematian

Maka, makna positif dari ziarah kubur tidak saja pada almarhum atau almarhumah yang didoakan, tapi juga bagi kita buat mempertajam kesadaran akan mati. Di tengah krisis dan banyak tantangan yang dihadapi sekarang ini, sugesti dari keyakinan akan mati ini layak dihidupkan. Karena keinsyafan ini bisa memompa semangat dan optimisme. ”Barang siapa yang menyadari akan kematian, maka segenap musibah dan kerisauan dunia akan terasa kecil baginya,” 

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s