Media Partisipatif

Kunjungan Belajar Program LOGICA2 (Nangro Aceh Darussalam) ke KOPANG REMBIGA

SONY DSC

LOGICA2 dan ACCESS Phase II adalah program kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia. Kedua program ini memiliki kesamaan tujuan: mendorong masyarakat yang aktif dan pemerintah yang tanggap (responsif). LOGICA2 memiliki fokus utama pada dua komponen program; 1) Active Community dengan fokus pada dukungan dan penguatan masyarakat dan organisasi masyarakat sipil untuk memiliki pengetahuan tentang hak-hak sipil mereka, kemampuan advokasi kebutuhan prioritas mereka kepada pemerintah dan ikut memberikan kontribusi dalam perbaikan pelayanan publik, dan 2) Responsive Government dengan fokus pada dukungan kepada satuan kerja pemerintah dan unit pelayanan di kabupaten dan provinsi untuk lebih tanggap dalam merespon kebutuhan prioritas masyarakat. Program ACCESS memiliki penekanan pada pemberdayaan warga masyarakat dan organisasi masyarakat sebagai cara yang efektif untuk mendorong pemerintahan yang demokratis mulai dari tingkat komunitas, kabupaten dan tingkat yang lebih tinggi. ACCESS juga memprioritaskan OMS, sebagai aktor lokal utama, yang kemudian membangun kapasitas organisasi masyarakat dan pemerintah desa untuk memobilisir sumber daya mereka dan ikut terlibat bersama pemerintahan di kabupaten untuk memperbaiki pelayanan publik.

Tujuan dari kunjungan belajar adalah untuk mengidentifikasi keberhasilan dari program ACCESS yang dapat menjadi sumber belajar bagi para peserta dan sedapat mungkin menggunakan pembelajaran kunci untuk memperkuat strategi pelaksanaan LOGICA2

  1. Keberhasilan program ACCESS dalam menerjemahkan strategi kunci (empowerment, engagement, scaling-up) ke dalam praktek implementasi program, secara khusus dalam hal-hal berikut:
  2. Keberhasilan program ACCESS dalam memastikan terintegrasinya Gender dan Social Inclusion ke dalam implematasi program.
  3. Keberhasilan dan efektifitas hibah (grant) program ACCESS dalam mendukung kegiatan-kegiatan berbasis komunitas.
  4. Keberhasilan desa siaga dalam wilayah kerja program ACCESS.
  5. Praktek-praktek baik (good practices) dari program ACCESS dalam M&E dan managemen program.

Namun sebelum menuju desa Kopang Rembiga, Rombongan LOGICA2 terlebih dahulu menuju Desa Batujai untuk melihat hasil Kerajinan Tenun tradisional yang dihasilkan oleh Kelompok Perempuan Usaha kecil Kelompok (KPUK) Binaan ASPPUK dan sebagian lagi menemui Pemerintah kabupaten Lombok Tengah dalam rangka mendapatkan Penjelasan tentang peran dan kiprah TKPKD dalam penanggulangan kemiskinan di Lombok Tengah

“Peningkatan Ekonomi Perempuan” dan Meninjau aktifitas warga, produk dan show room, diskusi sejauh mana hubungan peningkatan ekonomi rumah tangga dengan KDRT.

Kunjungan Belajar LOGICA 2 pada hari selasa, 5 Maret 2013 di desa Kopang Rembiga dan OMS Berugak Dese dibagi dalam 3 kelompok yang masing-masing kelompok telah memiliki rencana yang berbeda seperti :

Kelompok – 1: ingin berbagi Pengalaman dalam menerapkan satu desa satu perencanaan pembangunan, Pemaparan pengalaman penerapan metode CLAPP dan pengawalan proses perencanaan dan penganggaran desa

Kelompok – 2 : Melihat Peran Posyandu sebagai pusat pengaduan dan pemberdayaan warga, Peran Kader Posyandu dalam mendorong dan momotivasi warga dalam ber-PHBS, Integrasi Posyandu dengan program-Program lain yang masuk kedesa.

Kelompok – 3 : Melihat Peran Posyandu sebagai pusat pengaduan dan pemberdayaan warga, Peran Kader Posyandu dalam mendorong dan momotivasi warga dalam ber-PHBS, Integrasi Posyandu dengan program-Program lain yang masuk kedesa. (Ricky’s)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s