Media Partisipatif

KWALITAS RASKIN MAKIN MEMPRIHATINKAN

Kondisi Raskin

Pendistribusian Beras untuk masyarakat miskin tahun 2013 sudah diterima oleh RTSPM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat) di masing-masing desa Sekecamatan Kopang pada bulan februari ini. Namun bila diperhatikan sampai dengan saat ini, desa belum berani membagikan raskin sesuai dengan DPM (Daftar Penerima Manfaat) yang dikeluarkan oleh TNP2K atau biasa masyarakat mengindentikkan dengan data dari BPS, karena jumlah data yang diterima oleh masing-masing desa dirasa belum sesuai dengan jumlah warga miskin menurut versi desa tersebut, sehingga desa cendrung membagi rata raskin sesuai dengan jumlah KK yang ada.

Dari pantauan Rukmawati Sadar tim fasilitator Percontohan Pendistribusian Raskin Kabupaten Lombok Tengah yang memfasilitasi Desa Tanak Beak Kecamatan Batukliang Utara, telah menemukan kwalitas Raskin yang diterima desa tersebut betul-betul tidak layak untuk dikonsumsi, karena warna Beras kuning agak kecoklatan dan masih banyaknya dedak serta gabah didalamnya, dan jikalau beras tersebut ditampi atau dipoles kembali akan menghasilkan beras layak konsumsi sekitar setengah dari jumlah yang diterima. Selain kwalitas beras yang jelek juga kwantitas beras tersebut dalam karung yang bertuliskan berisi 15 KG berkurang antara 0,5 Kg sampai 2 Kg perkarung. Dan menurut penuturan salah satu staf desa bagian Kaur Kesra Humaidi mengakui kalau selama ini kwalitas maupun kwantitas beras yang diterimanya dari sejak raskin ini ada ya seperti ini-ini saja dan kami tidak dapat berbuat apa-apa karena selama ini tidak ada lembaga yang bertugas memantau pengadaan beras dari Bulog untuk masyarakat miskin  jadi kami harus mengadu kemana.

Dengan kondisi tersebut diatas masyarakat penerima Manfaat, RT, Kepala Dusun dan Pemerintah desa (BPD, LKMD, KAUR dan Kepala Desa) dengan tegas menolak Raskin yang diterimanya dan akan dikembalikan lagi ke Dolog Lombok Tengah sebagai penanggung Jawab Distribusi. Dan semua elemen masyarakat merasa bersyukur atas telah dibentuknya Tim Penawaran Pengelola raskin yang ada di desanya sebagai suatu wadah tempat mengadukan ketidak berdayaan masyarakat selama ini terutama terkait dengan distribusi Raskin. Dan semua masyarakat Desa Tanak Beak Kecamatan Batukliang Utara  mewakili atas nama masyarakat Lombok tengah pada khusunya dan warga indonesia pada umumnya meminta kepada pihak pemerintah agar selalu turun ketengah-tengah masyarakat agar dapat memantau seperti apa pendistribusian raskin yang dilakukan oleh Dolog, karena dolog yang selama ini memegang monopoli raskin bisa leluasa bermain dengan pengusaha-pengusaha nakal. Atau mungkin juga person dari dolog itu sendiri yang bermain dalam raskin ini. (rukma)

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s