Media Partisipatif

RAKOR PNPM-MPk KECAMATAN KOPANG

Rakor PNPM-MPk

Membangun kerjasama dan persaudaraan antar BKM yang satu dengan BKM lainnya.

Rapat Koordinasi PNPM-MPk (perkotaan) Lombok Tengah wilayah kerja Kecamatan Kopang yang dihadir  9 Desa (BKM) dari 11 desa di kecamtan kopang, Rakor ini sendiri dimaksudkan untuk merefleksikan kegiatan dan sebagai tempat berbagi pengalaman masing-masing BKM agar kinerja mereka sebanding atau bisa berjalan seiring tanpa ada yang masih merasa tertinggal baik dalam kegiatan maupun secara Administrasi.

Rakor PNPM-MPk kecamatan kopang yang berlansung di Kantor desa Kopang Rembiga pada hari selasa, 29 Januari 2013 ini dihadiri langsung oleh Koordinator Kota (Korkot) Lombok Tengah LALU MARTA WIJAYA, Asisten Koordinator H. SAMSULHADI dan semua Fasilitaor yang bertugas di kecamatan Kopang.

Dalam pengarahannya Korkot PNPM-Mpk sangat menyayangkan bila selama ini Forum BKM yang sudah dibentuk namun belum bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sehingga nilai kebersamaan dan kekeluargaan yang sudah lama dibina mulai terasa berkurang, dan diharapkan forum yang sudah ada diberdayakan kembali agar harapan sebagai wadah untuk saling mengisi atau berbagi pengalaman antara BKM yang satu dengan BKM lain dan juga sebagai media komunikasi antar BKM dengan PNPM. Masih adanya keraguan dari BKM untuk melaksanakan program Sosial yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat miskin dalam pemenuhan perumahan yang layak dalam program rehab rumah tidak layak huni dan hanya baru beberapa BKM (Desa)  sudah mengarah pada pelaksanaan program tersebut. Dalam kesempatan ini Korkot juga menyampaikan informasi dana BLM tahun 2013 sebesar 5,4 M untuk Lombok Tengah sesuai dengan Surat yag diterima dari Menko Kesra dengan alokasi dana sesuai dengan jumlah penduduk masing-masing desa dan kelurahan yaitu sebesar 150 juta bagi desa/kelurahan yang memiliki jumlah penduduk kurang dari 1500 jiwa, 1500-7500 = 200 juta dan 7500 keatas mendapatkan Rp. 350 juta, tapi dengan catatan jumlah penduduk miskin didesa/kelurahan tersebut lebih besar dari 10 % dari jumlah penduduknya, bila dibawah 10 %  pagu dana sebesar  75 s/d 100 Juta tergantung dari umlah penduduk desa/kelurahan bersangkutan.

Dan ada peluang atau kemungkinan untuk penambahan lokasi PNPM-MPk untuk desa-desa pemekaran agar tidak masih bergabung dengan desa induk seperti 2 desa yang ada di kecamatan kopang.

Setelah sambutan dari korkot kabupaten acar dilanjutkan dengan diskusi antar BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), dan pada kesempatan yang sama masing-masing BKM diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan penilaian terhadap kinerja dari masing-masing personal untuk mencari solusi agar kerja-kerja selanjutnya dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Koordinator lendang : Zaki memberikan masukkan 1. Forum BKM Kecamatan Kopang di berdayakan kembali, 2. Masih belum maksimal pendampingan yang dilakukan oleh fasilitator, 3. Bangun kembali pertemuan-pertemuan antar BKM sebagai ajang berbagi pengalaman dan mempererat tali persaudaraan antar BKM di masing-masing desa.

Koordinator Desa Bebuak : Lalu Wardiman berpendapat 1. Tali persaudaraan antar BKM sudah berkurang sehingga diperlukan pertemuan rutin yang terjadwal, 2. Diharapkan pada Fasilitator ekonomi ketika melakukan pendampingan agar melibatkan BKM agar diketahui kendala-kendala yang dihadapi selama berjalannya program untuk dapat mencarikan solusi, 3. Diharapkan semua pihak yang terlibat dalam BKM untuk tidak henti-hentinya melakukan sosialisasi agar masyarakat miskin tidak lagi terjerat rentenir.

Koordinator Desa Darmaji : Harli → Unit pengelola Keuangan (ekonomi) masih kaku dalam menerapkan aturan / kebijakan sehingga masyarakat banyak yang belum bisa mengakses dan bergulir yang dikelola dan berharap agar pendampingan lebih dimaksimalkan pada BKM-BKM yang bermasalah untuk dapat mengejar ketertinggalannya. (oscar)

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s