Media Partisipatif

FORUM KADER POSYANDU PERTAMA DI LOMBOK TENGAH

Poto bersama pengurus Forum Kader dan Berugak Dese

Poto bersama pengurus Forum Kader dan Berugak Dese

PEMBENTUKAN FORUM KADER POSYANDU KECAMATAN KOPANG

Peran kader sebagai salah satu aktor penggerak pembangunan didesa perlu mendapat perhatian pembinaan yang lebih baik sehingga existensinya terus terjaga dan terpelihara, selain pola-pola pembinaan yang telah dilakukan selama ini, perlu juga ada pola lain yang lebih menyentuh kepada persoalan kader sesungguhnya, ada dua problem yang selama ini berbenturan dan belum bisa berjalan secara bersamaan dalam diri kader, yaitu masalah tugas fungsi sebagai kader dan tugas fungsi sebagai bagian dari keluarga, dintara keduanya masing masing memiliki tuntutan yang berbeda, Pada posisi sebagai kader dituntut untuk dapat melaksanakan tugas fungsinya dengan maximal dan sebagai bagian dari keluarga dituntut untuk pemenuhan kebutuhan hidup, sehingga salah satunya harus dikorbankan.

Profesi sebagai kader dalam menunjang pemenuhan kebutuhan keluarga agak sulit diwujudkan dilihat dari jumlah kader dan kemampuan pemerintah, itulah sebabnya dari tahun ketahun penghargaan finansial yang diberikan terhadap kader sangat tidak berimbang bila dibandingkan dengan kontribusi yang telah diberikannya, kondisi ini akan terus dialami dan apabila dibiarkan dapat menurunkan motifasi serta muncul rasa pesimistis yang berlebihan, sudah saatnya berpikir tentang langkah-langkah pemberdayaan dengan memanfaatkan potensi dan sumberdaya yang ada semaksimal mungkin melalui pengorganisasian untuk mengarah pada kegiatan produktivitas, menjamin keberlanjutan dan mampu memberikan ransangan motivasi pada diri kader, tidak membiarkan kader berpikir dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Dengan ruang lingkup yang lebih luas maka akan lebih banyak tergali potensi dan sumberdaya yang ada pada diri kader, kalau hal ini disatukan dalam sebuah organisasi maka akan menjadi sebuah kekuatan yang memiliki nilai sosial dan nilai ekonomi yang tinggi.

Pembentukan Forum Kader Kecamatan dimaksudkan Untuk penguatan Forum-furum Kader Desa yang telah ada agar dapat  mempengaruhi, memotifasi atau sebagai wadah menyampaikan masalah.  dan juga sebagai wadah dalam menyamakan sistim pembinaan setiap Desa. Dengan terbentuknya Forum Kader Kecamatan ini juga dapat memperkuat posisi tawar dalam upaya melakukan perjuangan, karena semakin banyak yang menyuarakan suatu perjuangan akan semakin cepat ditanggapi.

Pembentukan Porum Kader Kecamatan bertujuan agar tersedianya ruang pembelajaran bagi kader secara struktural dalam rangka pengembangan kretivitas, solidaritas dan aktivitas sebagai upaya dalam rangka peningkatan pemerataan kapasitas kader, memperkuat solidaritas antar kader agar Efektivitas Komonikasi, koordinasi dan konsolidasi Internal maupun External berjalan lancar, meransang tumbuh kembangnya keswadayaan.

Pembentukan Forum Kader Tingkat Kecamatan Kopang yang difasilitasi oleh Berugak Dese berlangsung di Aula Kantor Camat Kopang Ini di adakan pada hari kamis, tanggal 20 Desember 2012, sebagai cikal bakal Forum Kader di tingkat kabupaten.

Adapun yang terpilih sebagai Ketua Forum : Baiq Dewi Cempaka dari Desa darmaji, Wakil Ketua I : Zohriah – Desa Kopang Rembiga, Wakil Ketua II : Habibah – Desa Montong Gamang, Sekretaris I : M. Yusuf – Desa Dasan Baru, Sekretaris II : Hadiani – Desa Waje Geseng serta Bendahara dipegang oleh Baiq Kusmawati dari Desa Muncan. (Dolle)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

3 responses

  1. ali

    mantaap…selanjutnya apa kegiatan FKK (Forum Kader Kopang) ini

    20 Desember 2012 pukul 21:51

    • membuat AD dan ART serta susun program

      21 Desember 2012 pukul 00:26

  2. wah bagus sekaliiiiiiiiii
    truskn perjuangan mu wahai para kaderrrrrrrrr

    29 Desember 2012 pukul 23:28

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s