Media Partisipatif

PROGRAM NASIONAL PENGENTASAN KEMISKINAN

Tim Ausaid Pusat bersama Kepala Desa Kopang Rembiga

PERWAKILAN AUSAID DAN TNP2K  MELIHAT DAMPAK LANGSUNG DARI PROGRAM : RASKIN, PKH, BSM, JAMKESMAS DAN PNPM DI DESA KOPANG REMBIGA YANG DIFASILITASI ACCESS DAN BERUGAK DESE

Australia merupakan salah satu Negara Donatur yang ada di Indonesia yang sangat peduli dengan pemberdayaan dan sangat konsen dengan program pengentasan kemiskinan. Bantuan Negara Australia terhadap Indonesia masuk melalui berbagai lembaga pemberdayaan antara lain salah satunya adalah Access, lembaga-lembaga ini menyalurkan dana bantuan negaranya mengutamakan kerjasama dengan lembaga-lembaga yang ada didaerah setempat sebagai wilayah kerja program.

Salah seorang utusan negara Australia yaitu Barnie’s datang langsung dari Australia ke Indonesia untuk ingin mengetahui lebih jauh dampak dari dukungan dana yang selama ini telah dikucurkan oleh negaranya, terutama yang terkait dengan bantuan untuk rakyat miskin.

Adapun maksud dan tujuan Barnie’s datang berkunjung ke Desa Kopang Rembiga pada hari kamis, tanggal 13 Desember 2012 adalah ingin mendengar secara langsung Fakta perubahan dengan intervensi program terkait dengan   SDM kader desa/kader kesehatan yang telah mampu berfungsi sebagai fasilitator pembangunan dan agen perubahan sosial. Begitupun dengan penerapan satu desa satu perencanaan dengan konsisten penerapkan prinsip dan nilai TKLD. Dan yang ingin diketahui lebih jauh adalah terkait dengan keberadaan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) Berugak Dese yang tetap konsisten sebagai  mitra strategis Pemdes, Pemkec dan Pemda dalam pembangunan (kemandiriakn desa) yang tercermin dengan kepedulian dan keberdayanya warga  terhadap pembangunan desa demi kesejahteraan warganya.

Dalam kesempatan yang sama tim Berugak Dese juga mempresentasikan Peta Digital yang nantinya akan dipergunakan sebagai salah satu sumber data yang akurat untuk  memastikan program pembangunan desa tepat sasaran, serta berbagai terobosan lain yang bertujuan untuk meningkatkan layanan yang berkualitas bagi warga desa. Dan sebagai penutup acara adalah diskusi dengan pendamping PKH, BPD, Pemerintah Kecamatan, Kepala Dusun, BKM PNPM-MPk dan Kader Desa.

Namun sebelum berkunjung kedesa Kopang Rembiga Utusan Pemerintah Australia yang didampingin oleh penterjemah lia serta tim Access NTB PO Lombok Tengah terlebih dahulu menuju Kota Praya untuk bertemu dengan Kepala Bappeda Lombok Tengah Lalu Muh. Amin beserta tim TKPKD dan Konsorsium. Adapun informasi yang ingin diketahui dari Pemerintah Kabupaten terkait dengan peran    TKPKD dalam mengakomodir NGO dan Warga dalam struktur kepengurusan, apakah TKPKD telah difungsikan sebagai ruang koordinasi stake holder dalam mendorong terjadinya sinergi dan kotrol program di Loteng. Terutama program untuk pemberdayaan dan pengentasan kemiskinan, apakah  TKPKD berperan sebagai ruang koordinasi untuk mendorong fungsi dan kotrol warga dalam mendorong kemandirian desa, dan bagaimana  TKPKD  mendinamisasi  ruang-ruang interaksi antara warga dan pemerintah yang berdasar pada prinsip dan nilai-nilai TKLD.  (Ridha)

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s