Media Partisipatif

LOKAKARYA ANALISIS KEBIJAKAN DAN ANGGARAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KECAMATAN KOPANG

 KOPANG ( Tanggal 22 – 23 Oktober 2012 )

Program penanggulanan kemiskinan merupakan  salah satu target dan konsentrasi pemerintah pusat dan daerah kabupaten Lombok Tengah guna penurunan angka kemiskinan, memang di Kabupaten Lombok Tengah beberapa tahun sebelumnya telah berhasil melakukan penurunan angka kemiskinan, tetapi pertanyaannya adalah:

  1. apakah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Lombok Tengah sudah berkonstribusi  dalam penurunan angka kemiskinan ?
  2. dari program apa saja yang paling banyak berperan dalam penurunan angka kemiskinan?

Konsorsium LSM dan OMS Loteng melalui “program pemebrdayaan kelompok miskin dan terpinggirkan di 22 Desa dan peningkatan kapasitas aparat Desa dan Kabupaten dalam melakukan perencanaan partisipatif dan penganggaran untuk pemenuhan hak dasar di Kabupaten Lombok Tengah” ditingkat Desa dan kecamatan salah satunya kecamatan Kopang telah dilakukan analisis program Kemiskinan baik ditingkat pelaksana program sampai ditingkat  masyarakat melalui FGD.

Dari beberapa kegiatan monitoring dan evaluasi, beberapa fakta menunjukan program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah pusat jauh lebih efektif dan sangat  berdampak di masyarakat dari pada program yang digulirkan dan dianggaran melalui APBD.

Fakta ini tidak terlepas dari cara pandang masyarakat terhadap program  penanggulangan kemiskinan, serta erat kaitannyan  dengan tingkat pemahaman masyarakat.

Dari satu sisi keberadaan program penanggulanagan kemiskinan yang dinilai kurang tepat sasaran dan data kemiskinan yang ada dianggap tidak relevan dan tidak sesuai dengan fakta  yang  ada    menjadi alasan utama bahwa program penanggulan kemiskinan yang dinilai gagal menjawab persolan kemiskinan ditingkat Desa.

Untuk menjawab sampai dimana capaian dalam Program Penanggulangan Kemiskinan ini, maka perlu diadakan lokakarya dengan menghadir semua pihak yang ada di kecamatan Kopang dengan tujuan :

  1. Melihat efektifitas pelaksanaan kebijakan program penanggulan kemiskinan yang ada diDesa dalam wilayah Kecamatan
  2. Mengamati efesensi anggaran program PK
  3. Melokakaryaan  hasil monev program PK diKec. Kopang
  4. Merancang strategi dalam pengwalan kebijakan dan anggran PK  di Desa melalui program Lempermadu

Dengan Hasil Keluaran :

  1. Input peserta terhadap hasil monev program PK yang dilaksanakan Konsorsium LSM dan OMS Loteng diKec. Kopang
  2. Munculnya gambaran dan keterbukaan para pihak terkait inplementasi kebijakan dan anggaran program PK diKec. Kopang
  3. Adanya rekomendasi dan komitmen para pihak membuat kerangka dan mekanisme pengawalan bersama yang terkait dengan program PK di Desa

Lokakarya Analisis kebijakan dan anggaran program PK dilaksanakan di aula Kantor Desa Kopang Rembige Kec. Kopang Dengan Peserta sebanyak 55 orang terdiri dari  : Pemerintahan  9 Desa dari 11 Desa yang ada, Fasdes dari 8 Desa, Berugak Dese, Somasi, Pemerintah Kecamatan, PKH, UPT Se Kecamatan Kopang, PNPM MPk, Bidan Desa, Pengurus Lemper Madu 5 Desa, Fasilitator Lapangan Konsorsium dan Konsultan Program. (Ricky’s)

One response

  1. M.Tauhid

    sebagai warga Mayarakat Desa Kopang saya ingin menyatakan: dengan telah diselenggarakannya Lokakarya semacam itu semoga ada dampak “NYATA” kemasyarakat dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan dapat menjawab persoalan kemiskinan khusunya di Desa Kopang Rembiga.

    25 Oktober 2012 pukul 09:21

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s