Media Partisipatif

PELATIHAN Open StreetMap BAGI TENAGA PELATIH (TRAINER)

Pelatihan Open StreetMap tingkat lanjut yang dilaksanakan selama 5 hari (tgl 08 s/d 12 Oktober 2012) di Hotel Grand Whiz Kute Bali ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan mitra dan staff ACCESS yang memiliki komitmen mengembangkan pemetaan interaktif di daerahnya. Selain itu juga untuk menghasilkan trainer yang akan mengembangkan pelatihan tingkat dasar di wilayah ACCESS.

Pelatihan yang diikuti oleh 22 orang mitra Access dari 4 Propinsi yaitu : Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Sedangkan 5 Kabupaten wilayah NTB dampingan access  yaitu Lombok Barat (Santai dan Mitra Samya), Lombok Tengah (Berugak Dese), Lombok Utara (Bappeda KLU), Dompu (LESPEM dan LPMP) dan Bima (LP2DER) kegiatan ini memberikan topik-topik tingkat lanjut kepada mereka yang telah melakukan pemetaan dengan atau di OpenStreetMap. Sehingga dengan pelatihan tingkat lanjut ini akan lebih memungkinkan melakukan pemetaan secara mandiri. Selain itu, pelatihan tingkat lanjut ini juga memberikan pelatihan khusus kepada para pelatih (trainer) sehingga memungkinkan para pengguna OpenStreetMap tingkat lanjut mengembangkan metodologi pelatihan dan menyediakan pelatihan-pelatihan tingkat awal.

Proses pelatihan ini difasilitasi oleh tim HOT (Humanitarian OpenStreetMap) yang sudah berpengalaman melakukan pelatihan pemetaan di Indonesia.

  1. Kate Chapman
  2. Vasanthi
  3. Adityo Dwijananto
  4. Harry Mahardhika
  5. Dewi Sulistioningrum

Juga dibantu tenaga pemetaan dari GIZ; Patrick Oswald yang selama ini membantu proses pemetaan di NTB.

Sedangkan untuk even organizer dalam pelatihan ini dikelola oleh Mitra Samya. (riky’s)

2 responses

  1. Pelatihan yang diikuti oleh 22 orang mitra Access dari 4 Propinsi yaitu : Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Sedangkan 5 Kabupaten wilayah NTB dampingan access yaitu Lombok Barat (Santai dan Mitra Samya), Lombok Tengah (Berugak Dese), Lombok Utara (Bappeda KLU), Dompu (LESPEM dan LPMP) dan Bima (LP2DER) kegiatan ini memberikan topik-topik tingkat lanjut kepada mereka yang telah melakukan pemetaan dengan atau di OpenStreetMap. Sehingga dengan pelatihan tingkat lanjut ini akan lebih memungkinkan melakukan pemetaan secara mandiri. Selain itu, pelatihan tingkat lanjut ini juga memberikan pelatihan khusus kepada para pelatih (trainer) sehingga memungkinkan para pengguna OpenStreetMap tingkat lanjut mengembangkan metodologi pelatihan dan menyediakan pelatihan-pelatihan tingkat awal.

    1 November 2012 pukul 03:25

  2. Pelatihan yang diikuti oleh 22 orang mitra Access dari 4 Propinsi yaitu : Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Sedangkan 5 Kabupaten wilayah NTB dampingan access yaitu Lombok Barat (Santai dan Mitra Samya), Lombok Tengah (Berugak Dese), Lombok Utara (Bappeda KLU), Dompu (LESPEM dan LPMP) dan Bima (LP2DER) kegiatan ini memberikan topik-topik tingkat lanjut kepada mereka yang telah melakukan pemetaan dengan atau di OpenStreetMap. Sehingga dengan pelatihan tingkat lanjut ini akan lebih memungkinkan melakukan pemetaan secara mandiri. Selain itu, pelatihan tingkat lanjut ini juga memberikan pelatihan khusus kepada para pelatih (trainer) sehingga memungkinkan para pengguna OpenStreetMap tingkat lanjut mengembangkan metodologi pelatihan dan menyediakan pelatihan-pelatihan tingkat awal.

    1 November 2012 pukul 22:19

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s