Media Partisipatif

PNPM MANDIRI PROGRAM MASYARAKAT MISKIN

PNPM Mandiri merupkan salah satu program andalan pemerintahan saat ini, PNPM Mandiri yang dikelola oleh BKM telah menunjukkan hasil yang menggembirakan karena telah menyentuh kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan terutama masyarakat miskin, terbukti dengan telah dilakukannya Monitoring dan Eavaluasi baik terhadap kesekretariatan maupun kegiatan di lapangan oleh pemerintah Kecamatan Kopang yang didampingi OMS Berugak Dese terhadap kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan di Desa Dasan Baru, Darmaji dan Monggas pada hari Kamis, 20 September 2012. Sebagai bentuk tanggungjawab Pemerintah Kecamatan, Camat Kopang Lalu Bagiartha sebagai PJOK sebelum menyetujui pengajuan pencairan dana BAPPUK tahap berikutnya seharusnyalah melakukan monev terhadap kegiatan BKM dalam pengalokasian anggaran untuk tahap sebelumnya, apakah kegiatannya sudah sesuai dengan usulan yang diajukan.

Melalui Monitoring dan Eavaluasi tersebut Camat Kopang mengawali dengan memeiksa usulan BAPPUK sebelumnya di secretariat dilanjutkan ke lapangan untuk melihat hasil kerja BKM terhadap kegiatan Lingkungan, Sosial dan Ekonomi. Untuk kegiatan Lingkungan, Camat Kopang yang didampingi Lalu Safrudin (Berugak Dese) dan Sujarman anggota BKM Desa Dasan Baru melihat perbaikan rumah tidak layak huni yang sudah diselesaikan 100% di Dusun Ontok, Inaq Zaeab pemilik rumah yang dikunjungi camat beserta rombongan berterima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan masyarakat miskin, menjawab pertanyaan Bapak camat Kopang kaitannya dengan biaya yang dihabiskan, Inaq Zaeab mengaku telah menghabiskan biaya sebesar Rp. 8.500.000,- untuk perbaikan rumah tidak layak huni dan jamban keluarga, bantuan dari pemerintah melalui PNPM Mandiri sebesar Rp. 6.000.000,- sisanya Rp. 2.500.000 merupakan bantuan dari keluarga dan masyarakat setempat baik dalam bentuk bahan maupun tenaga, begitu juga dengan kegiatan ekonomi disampaikan oleh Bahtiar UPK BKM Desa Dasan Baru yang mendampingi Bapak Camat bahwa tingkat RR (pengembalian dana pinjaman) mulai menunjukkan peningkatan yang signifikan dari yang sebelumnya di bawah 85 %, untuk bulan Agustus meningkat sampai dengan 91 %, Bahtiar yang dipercayakan memegang UPK Ekonomi BKM Pade Angen terus berusaha sehingga nantinya pengembalian pinjaman dapat mencapai 100 %.

Kondisi di Desa Dasan Baru sama dengan kondisi di Desa Darmaji dan Monggas seperti yang disampaikan oleh Harurrizal Anggota BKM Patuh Angen Desa Darmaji mengalokasikan Dana Sosial untuk APE PAUD Maulida Dusun Borok, bantuan sosial ini dapat membantu anak-anak sebagai tempat bermain sehingga dengan bantuan tersebut anak-anak semakin betah untuk terus belajar dan bermain di PAUD ini, Pengelola PAUD Maulida H. Padli yang juga Kadus Borok berharap kedepan BKM sebagai pengelola PNPM Mandiri terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan untuk kemaslahatan umat. Sementara itu Lalu Padlan Koordinator BKM Mandiri Desa Monggas mengatakan kegiatan Lingkungan, Sosial dan Ekonomi berjalan sesuai Dokumen Renta yang telah disepakati bersama dengan masyarakat. (Najib)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s