Media Partisipatif

ONE VILLAGE ONE BILLION

4 Desa/Kelurahan di kawasan Lombok Tengah yang masuk dalam Program PNPM-Mandiri Perkotaan dipastikan akan menerima dana Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) masing-masing sebesar 1 M (Rp. 1.000.000.000) pada tahun 2012 ini, ke 4 desa tersebut adalah : Desa Montong Gamang Kecamatan Kopang, Gerunung, Bunut Baok dan Montong Terep dari Kecamatan Peraya.

Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) sebagai pengelola langsung dana di tingkat desa masih belum begitu memahami dan mengerti harus diapakan dana yang akan mereka kelola, walau proposal usulan sudah dihapal betul.

Mendengar  keresahan dan kebingungan dari BKM, maka Berugak Dese berinisiasi untuk memfasilitasi pertemuan Antara Pengurus BKM dengan Kepala Bappeda Lombok Tengah serta Koordinator Kota (Korkot) PNPM Mandiri Perkotaan Lombok Tengah di Sekretariat Berugak Desa.

Diskusi Pembelajaran yang diadakan pada  Senin Malam tanggal 17 September 2012 dihadiri oleh Kepala Bappeda Lombok Tengah Ir. Lalu Muhammad Amin, Korkot PNPM-MPk Lalu Marta Wijaya, Pengurus BKM 4 Desa penerima dana PLPBK, Pengurs BKM dari desa lainnya serta Pengurus Berugak Dese.

Dalam kesempatan tersebut baik Kepala Bappeda maupun Korkot PNPM-MPk lebih banyak memberikan pengarahan dan Gambaran maksud dan tujuan serta penggunaan dana yang akan mereka terima untuk dikelola sesuai peruntukannya, Karena hajatan dari dana dalam bentuk BLM ini untuk menata suatu komunitas dilokasi permukiman Padat, Kumuh, dan Miskin dengan perencanaan yang konferhensif bukan berdasarkan kawasan yang diperioritaskan tetapi secara keseluruhan desa/kelurahan, sehingga sangat diperlukan partisipasi seluruh masyarakat dalam menggali dan mengindentifikasi potensi yang ada dimasyarakat agar menghasilkan kegiatan yang maksimal.

Dari hasil penggalian dan identifikasi ini nantinya diharapkan desa mendapatkan peta potensi Sosial, Budaya dan Ekonomi sebagai bahan Penyusunan visi dan misi. (R)

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

2 responses

  1. jaswandi

    SElamat bagi 4 desa yang dapat dana ari PNPM perkotaan

    20 September 2012 pukul 20:06

  2. bajang brigjend

    terima kasih sudah memberikan bantuan kepada desa kami..bantuan ini akan kami gunakan sebaik-baiknya dan terarah..(wheyne artha Brigjend)

    21 Oktober 2012 pukul 17:02

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s