Media Partisipatif

DIKLAT TEKNIS KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) LOMBOK TENGAH

PENERAPAN METODE TEMATIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN USAHA MANDIRI (KUM) 8-10 SEPTEMBER 2012

Diklat Teknis Penerapan Metode Tematik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) bagi 85 orang Tutor dari semua lembaga penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) se kabupaten Lombok Tengah yang diselenggarakan oleh ARSYAD, S.Sos. selaku ketua PKBM “SOPOK ANGEN” Desa Durian di BPKBM-NTB Lombok Timur. Pada pelaksanaan Diklat teknis  diharapkan pada semua tutor yang ikut dalam diklat  mampu untuk menyusun Sistim, metode dan materi pembelajaran yang akan diterapkan di kelompok sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki oleh masing-masing kelompok. Karena pada pelaksanaan KUM, seorang  tutor harus mampu untuk mengindentifikasi semua yang ada ditengah masyarakat sebagai bahan acuan penyusunan Materi Pembelajaran yang akan diterapkan pada kelompok tersebut.

Diklat Teknis Tutor KUM yang dilaksanakan di Selong ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang PNFO Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Tengah bapak Abdul Halik. Dalam acara pembukaan Bapak Halik tidak bosan-bosannya  berpesan kepada semua peserta yang berasal dari PKBM se-lombok tengah, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan tekun dari awal sampai akhir untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena diklat yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan acuan dan arah bagi pengelola, tutor, narasumber teknis dan pemangku kepentingan pendidikan keaksaraan usaha mandiri dalam rangka : Menyusun silabus dan bahan ajar keterampilan usaha mandiri, Memilih pendekatan, metode, dan media pembelajaran keterampilan usaha mandiri, Merancang penilaian hasil belajar keterampilan usaha mandiri.

Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) merupakan upaya penguatan keberaksaraan melalui pembelajaran keterampilan usaha yang dapat meningkatkan penghasilan dan produktivitas perorangan dan atau kelompok pasca Keaksaraan Dasar, serta Standar kompetensi keaksaraan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi berbagai pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan keaksaraan usaha mandiri seperti para penyusun silabus, bahan ajar, tutor, narasumber teknis, penyelenggara, dan pemangku kepentingan pendidikan keaksaraan lainnya. (rommy)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

One response

  1. sofyan hadi.sh

    Assalamuakum.wr.Wb,saya salut bats terselenggaranya diklat tekhnis pembelajaran KUM yang di adakan di lombok tengah,apalagi yang mencetus semuanya adalah sahabat saya,salam hormat pak Arsyad,tiang Sofyan Hadi.SH,mantan Ketua Forum PKBM Lotim,tapi ada hal yang mau saya tanyakan,kenapa tidak publikasin metode atau modul,bahan ajar tematik,atau refrensi yang sedikit memberikan pembelajaran bagi masyrakat luas,khususnya untuk masyarakat pulau lombok,kita sangat ketahui,besaran angka PKBM,Lembaga dan Yayasan yang ada di lombok,masih banyak yang kurang paham tentang tekhnis,metode tentang pembelajaran KUM,sekedar ini komentar saya,sekali lagi terima kasih,salam hormat kembali saya sampaikan kepada senior,dan sahabat saya ARSYAD,S.Sos.

    26 November 2014 pukul 07:56

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s