Media Partisipatif

WORKSHOP PENYUSUNAN INSTRUMEN/GUIDELINE MAPPING AKTOR PEMIMPIN PEREMPUAN MITRA ACCESS

 Identifikasi Aktor Perempuan dan Perempuan Usaha Kreatif untuk Merintis Jaringan Pemimpin  Perempuan Fungsional.

ACCESS  merupakan sebuah program pembangunan yang memiliki visi  bahwa  warga dan organisasi masyarakat sipilnya  yang kuat dan berdaya akan mampu mendorong melipat gandakan dampak pembangunan sehingga kaum miskin, kaum perempuan, kaum orang muda dan kaum terpinggirkan lainnya  mendapatkan keuntungan dari proses dan hasil-hasil pembangunan. Pernyataan bahwa kaum miskin, kaum perempuan, kaum muda dan kaum terpinggirkan lainnya diharapkan mendapatkan manfaat lebih dari hasil program pembangunan  telah menjadi focus perhatian utama dari program ACCESS. Dengan kata lain, inklusi jender dan social  yang dimaknai dengan member focus perhatian kepada kelomopok miskin, perempuan, kaum muda dan kelompok marjinal lainnya benar-benar akan menjadi perspektif dan landasan baik dalam tataran konsep maupun pelaksanaan konsep tersebut di lapangan.

ACCESS Tahap II memiliki empat (4) tema yang menjadi pintu masuk dalam mendorong Tata Kepemerintahan Lokal Demokratis: perencanaan & penganggaran daerah, peningkatan pelayanan publik, pengembangan ekonomi lokal, dan pengelolaan sumberdaya alam. Dan Para mitra ACCESS sepakat akan menggunakan strategi gender & social inclusión (GSI) dalam pelaksanaan programnya untuk melahirkan pemimpin-pemimpin perempuan yang lebih berkualitas baik di tingkat staff Mitra Langsung ACCESS maupun di tingkat Fasilitator Desa/Kader Pemberdayaan Masyarakat/Fasilitator Pelayanan Publik/Kelompok Ekonomi Produktif/Perempuan-perempuan potensial dari desa.

Untuk mengetahui sudah sejauh mana capaian yang dihasilkan oleh masing-masing mitra Access, maka perlu selalu diadakan kegiatan review pada lembaga-lembaga mitra access. Dalam hal ini Gita Pertiwi dari Solo sebagai mitra langsung acces ditunjuk untuk melakukan penggalian capaian di masing-masing lembaga.

Ibu Dewi dan Bapak Suroto sebagai perwakilan Gita Pertiwi dengan riang dan sabarnya  memandu 25 orang peserta dari 2 (dua) lembaga yaitu Berugak Dese dan Asosiasi Mareje Bonga (AMB) di sekretariat Berugak Dese selama 2 hari, yaitu hari sabtu dan hari minggu (1-2 September 2012)

Adapun tujuan dari workshop ini adalah Menyusun tools/instrumen/guideline mapping pemimpin perempuan, Mengidentifikasi  aktor/champion perempuan (kepemimpinan perempuan) dan Perempuan Usaha Kecil  (PUK) potensial  dan cerita suksesnya serta  Menyusun strategi penyebarluasan cerita sukses para aktor/pemimpin perempuan. Dengan sasaran utamanya adalah Kader – kader perempuan akar rumput dari Organisasi Warga-CBOs ( Kelompok Perempuan, Fasilitator Desa,  Fasilitator Community Centre ( baik perempuan muda yang sudah ada maupun potensi menjadi pemimpin perempuan) termasuk perempuan yang menjadi aktor aktif   memperjuangkan keadilan jender dari Mitra Langsung ACCESS serta Mitra ACCESS Phase II

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s