Media Partisipatif

PAUD FORMAL DAN NON FORMAL DI KECAMATAN KOPANG TELAH MENUNJUKKAN KERJASMA YANG HARMONIS

Lembaga PAUD Kecamatan Kopang yang terdiri dari PAUD formal 17 lembaga dan PAUD non formal 47 lembaga telah tergabung ke dalam Kelompok Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Kecamatan Kopang telah menunjukkan kerjasama yang harmonis melalui Halal Bihalal yang diselenggarakan oleh pengurus PKG PAUD Kecamatan Kopang pada tanggal 29 Agustus 2012 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Tengah beserta jajarannya termasuk KUPT Dinas Dikpora Kecamatan Kopang dan staf, DPRD Kabupaten Lombok Tengah, Pemerintah Kecamatan Kopang, Kepala Desa se-Kecamatan Kopang, LSM/OMS yang peduli pendidikan serta semua Pengelola PAUD dan tenaga pendidik baik PAUD Formal maupun PAUD Non Formal.

Dalam laporan Panitia Penyelenggara Ketua PKG PAUD Kecamatan Kopang Aida Ibrahim, S.Pd. menyampaikan melalui kegiatan Halal Bihalal ini, diharapkan mendapatkan manfaaat bagi semua pihak terkait khususnya terutama sesama lembaga PAUD baik formal maupun non formal untuk terus menjaga keharmonisan yang telah dibina selama ini, tetap saling mendukung antara Lembaga PAUD yang satu dengan lainnya.

Dalam sambutannya Lalu Setiawan, S.Sos. Sekcam Kecamatan Kopang yang mewakili Camat Kopang menyampaikan rasa syukurnya dan ucapan terima kasih kepada pengurus PKG PAUD Kecamatan Kopang yang telah berinisiatif untuk mengadakan kegiatan Halal Bihalal di Kecamatan Kopang dalam rangka meningkatkan ukuah islamiah. Sekcam Kecamatan Kopang juga mengakui kelemahan pemerintah Kecamatan Kopang selama ini belum melakukan pembinaan secara maksimal kepada Lembaga Pendidikan Usia Dini (PAUD), ke depan pemerintah Kecamatan Kopang akan menyusun jadwal kegiatan dalam rangka melakukan pembinaan di semua lembaga PAUD di Kecamatan Kopang.

Kepala Dinas Dikpora Kecamatan Kopang H. L. Irwan Hawari, SH., MH. Dalam sambutan kedua menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus PKG PAUD Kecamatan Kopang yang telah berinisiatif secara swadaya untuk mengadakan kegiatan halal bihalal yang momennya sangat penting setelah sebulan lamanya melaksanakan kewajiban perintah puasa Ramadhan 1433 H sepatutnyalah untuk saling memaafkan dan terum membina keharmonisan sesam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Kopang saling mendukung satu lembaga dengan lembaga lainnya.

Kadis Dikpora juga tidak bosan-bosannya memberikan motivasi kepada Pembina dan Pendidik yang telah mengabdikan dirinya sebagai relawan sejati tanpa pandang pamrih untuk ikut serta dalam pembangunan terutama pembangunan mental manusia Indonesia sejak dini, namun yang harus difahami dan dapat dilaksanakn oleh pendidik terutama kepada anak didiknya untuk selalu menjaga ketauladanannya, Pembina dan pendidik diharapkan harus cerdas (Cerdas Intelektual, Cerdas Emosional, Cerdas Sosial dan Cerdas Spiritual).

Pada acara inti pencerahan yang diberikan oleh KH. Dr. M. Zaidi Abdad, MA., halal bihalal dalam kehidupan manusia Indonesia sangatlah penting walaupun tidak dikenal di Negara-Negara Islam di dunia di Arab Saudi sekalipun, halal bihalal bagi masyarakat Indonesia yang sudah membudaya dan menjadi tradisi yang dilaksanakan setiap tahunnya mempunyai makna tersendiri sebagai ajang silaturrahim untuk selalalu mendekatkan diri kepada Allah dan sesama manusia sebagai bentuk ibadah horizontal disamping ibadah fertikal hubungan manusia dengan Allah Azza Wajalla, HABLUMMINALLAH WAHABLUMMINNNAS, manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa orang lain sehingga bersosialisasi dengan masyarakat sangatlah penting bagi kelangsungan hidup manusia. Hikmah halal bihalal bagi PKG PAUD khususnya di Kecamatan Kopang adalah terbangunnya kerjasama antar Lembaga PAUD saling membantu sehingga akan terjalin kerjasama yang baik menuju profesionalisme dalam dunia pendidikan. (Saf)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s