Media Partisipatif

20 UNIT TIMBANGAN BANTUAN PNPM-MPk UNTUK 20 POSYANDU

Acara Penyerahan Timbangan bagi posyandu

 

Penyerahan secara simbolis 20 unit timbangan duduk bagi 20 Posyandu se-Desa kopang rembiga telah dilaksankan di Aula Kantor Desa Kopang Rembiga pada hari senin, 13 Agustus 2012 oleh koordinator BKM Ngiring Maju yang diwakili oleh salah seorang Anggota BKM yaitu Bapak Hirjan Johan, Serta acara Pembukaan Pelatihan Kerajinan Sapu Bulu.

Acara penyerahan 20 unit timbangan duduk ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PNPM Mandiri Perkotaan dibidang kesehatan, selain pembutan MCK umum, Jamban Keluarga, Saluran Pembungan Air Limbah (SPAL), dan banyak lagi jenis fisik yang telah dilaksankan hampir disemua desa di seluruh indonesia.

BKM yang merupakan struktur PNPM-MPK di tingkat desa, sangat tergerak untuk membantu pengadaan timbangan duduk yang merupakan salah satu alat terpenting diposyandu yang berguna untuk mengetahui berat badan sasaran posyandu, terutama untuk balita dan ibu-ibu hamil, karena berat badan juga merupakan salah satu indikator dari tingkat kesehatan.

Unit Pelayanan Sosial (UPL) yang dimiliki oleh BKM Ngiring Maju Desa Kopang Rembiga segera merespon keadaan yang dihadapi oleh para kader posyandu terkait dengan tidak akuratnya hasil penimbangan yang disebabkan oleh telah rusaknya timbangan yang ada disetiap posyandu, dan malasnya anak-anak umur diatas dua tahun datang ke posyandu karena merasa takut ditimbang menggunakan timbangan gantung. Selain itu adanya berita telah meninggalnya balita yang diakibatkan oleh jatuhnya timbangan gantung yang menimpa si balita tersebut juga menjadi alasan utama makin takutnya masyarakat dan anak-anak menggunakan timbangan gantung.

Pihak UPS BKM Ngiring Maju di koordinir oleh Bapak Iskandar serta Pasilitator Kelurahan (Paskel) Sosial Bapak Ismail, SE, segera menyarankan agar para kader posyandu untuk membuat proposal usulan pengadaan Timbangan Duduk yang ditujukan pada BKM Ngiring Maju Desa Kopang Rembiga.

Dengan kepedualian PNPM-MPK melalui BKM ini, diharapkan dapat betul-betul membantu masyarakat miskin disemua sektor terutama dalam pemenuhan 10 hak dasar.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s