Media Partisipatif

PEMILIHAN BPD DESA KOPANG REMBIGA

Sebanyak 83 orang dari 85 orang utusan Serta 22 orang sebagai Bakal Calon BPD  yang berasal dari 17 Dusun sedesa Kopang Rembiga memenuhi aula kantor desa pada Rabu pagi tanggal 01 Agustus 2012 untuk memberikan hak suaranya dalam pemilihan BPD masa bakti th. 2012 s/d 2018. Lima hari sebelum pemilihan, 17 orang panitia berbagi Tim dalam melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No. 8 Tahun 2006 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yang mengatur tentang Persyaratan menjadi Anggota BPD, jumlah anggota BPD di masing-masing desa menurut jumlah Penduduk sehingga Desa Kopang Rembiga yang memiliki jumlah penduduk 15.886 jiwa berhak memilih 11 orang wakil yang akan duduk sebagai anggota BPD berdasarkan Perda Pasal 4 point d, yaitu diatas 6.000 jiwa.

Panitia juga menjelaskan Fungsi, Wewenang, Hak dan Kewajiban serta larangan bagi anggota BPD terpilih, sehingga masyarakat betul-betul selektif dalam bermusyawarah untuk menentukan wakil-wakil mereka yang nantinya dapat memperjuangkan hak dan aspirasi masyarakat desa yang diwakili dan bukan berdasarkan dari mana asal mereka diusung.

Sosialisasi yang dilaksanakan selama 3 malam setelah Shalat Tarawih disemua dusun juga merupakan suatu hikmah tersendiri, dimana suasana bulan puasa sangat mendominasi acara musyawarah yang rata-rata dilaksanakan di masjid masing-masing dusun. Dalam musyawarah, rata-rata masyarakat mempertanyakan tentang perwakilan dusun yang tidak dapat terakomodir didesa, dimana desa kopang rembiga yang terdiri dari 17 dusun harus memiliki 11 orang wakil yang akan duduk sebagai anggota BPD, dan secara otomatis 6 dusun lainnya hanya sebagai penonton yang dikarenakan faktor jumlah penduduk yang tidak bisa memenuhi kuota, padahal didusun yang tidak dapat mengirimkan utusan ini merupak dusun yang memiliki potensi berlimpah dan jumlah SDM sangat besar jika dibandingkan dengan dusun-dusun lain. Mungkin pengalaman ini juga muncul didesa-desa lain di kawasan Lombok Tengah.

Setelah melalui pemilihan dan penghitungan suara, 11 utusan terpilih dari 11 dusun yang berhak mengajukan nama bakal calon akhirnya menetapkan nama-nama utusan adalah sebagai berikut : Jauhari Agus Aprilianto, ST sebagai utusan dari dusun Pengkores, Roni dari Dusun Lauk Rurung I, H. L. A. Rumiawan, S.Sos dari Kopang II, L. Sahwi dari Kopang I, Saprudin dari Lok, Mukmaludin dari Bore, Napsiah dari Ngorok, Alimudin, S.Pd dari Bebak,  H. Fathullah dari Lauk Rurung II, Lalu Saefullah dari Pendagi dan Sukardi dari dusun Lingkung.

Setelah melihat hasil perolehan pemilihan anggota BPD, semua masyarakat yang hadir turut menyaksikan jalannya pemilihan merasa puas dan menyalami semua bakal calon yang terpilih maupun yang tidak terpilih untuk selanjutnya berbalik pulang.  (ricky’s)

One response

  1. berapa calon yg terpiliq ?

    2 Agustus 2012 pukul 07:52

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s