Media Partisipatif

PELATIHAN OPEN STREET MAP

OpenStreetMap merupakan sebuah program peta dunia gratisan yang dapat dipergunakan secara bebas oleh siapapun hanya dengan berbekal tersedianya jaringan inernet, karena program ini sempurna bekerja secara On Line. Kita bisa membuat peta suatu wilayah, desa ataupun kekadusan bahkan sampai dengan tingkat RT secara tepat, dimana program ini telah menyediakan preset sesuai dengan kebutuhan masyarakat indonesia dan bisa diubah sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. Selain itu kita juga  dapat menambahkan informasi pada peta, memperbaiki kesalahan yang ada dan memetakan apa yang ingin kita petakan.

Berangkat dari ketepatan hasil yang dapat didalam pemetaan ini, maka Access Phase II wilayah NTB dan NTT merasa sangat perlu mengadakan pelatihan dan peningkatan keterampilan pendataan dan pemetaan untuk menjawab kebutuhan kalangan pemerintah maupun profesional non-pemerintah dalam dalam rangka menjalankan kegiatannya. Karena tehnologi pendataan menawarkan kemudahan bagi kita untuk melakukan kegiatan pendataan dan pemetaan dengan lebih cepat dan efektip dengan hasil yang lebih akurat, detail dan canggih. Akan tetapi kemudahan dan kecanggihan itu tidak serta merta bisa kita dapatkan tanpa melalui sebuah proses pembelajaran oleh karena itu pada tanggal 21-27 Mei 2012  Access NTB & NTT melakukan pelatihan sebanyak 25 orang mitra strategis dan mitra langsung dari kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok tengah, Bima dan dari NTT yang  dipandu langsung OSM SOLUD.

Harapan kedepan, dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan pendataan dan pemetaan ini dapat menjadi contoh sukses bagi daerah lain serta harapan yang lebih besar lagi pemerintah daerah bisa menduplikasikannya disetiap desa didaerahnya, sehingga semua desa memiliki peta desa yang lengkap dengan representatif. Dengan adanya peta desa yang lengkap dapat memudahkan desa dan pemerintah daerah dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap pembangunan.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s