Media Partisipatif

RUMAH ROBOH SEBELUM DANA CAIR

Kamis, 5-5-2012 sekitar pukul 14.30 Wita sebuah bangunan rumah milik seorang warga  sangat miskin  bernama salam yang bertempat di dusun gubuk Alang desa Kopang Rembiga tiba-tiba roboh. Tidak ada hujan tidak ada angin tiba-tiba terdengar sepert suara gemuruh dari belakang rumah pengakuan Atik tetangga terdekat dari salam dan belum beberapa menit kemudian para tetangga sudah berkerumun memenuhi lokasi rumah yang rubuh untuk memastikan yang punya rumah dalam keadaan selamat.

Dan kenyataannya kondisi rumah ini memang sudah tidak layak huni, apalagi pemiliknya sudah berusia  ±70 tahun dan tidak memiliki pendapatan tetap, untuk hidup sehari-harinya saja dia harus menunggu belas kasian dari keluarga dan tetangganya yang  tiap hari secara bergilir memberikannya napkah.

Karena kondisi rumahnya yang begitu memprihatinkan maka tetangga sekitar beserta RT dan kepala dusun Gubug Alang  mengusulkan untuk mendapatkan program rehab rumah yang diusulkan melalu Badan Keswadayaan Masyarakat  (BKM) NGIRING MAJU Desa Kopang Rembiga melalui program PNPM-MPk  setelah melakukan perivikasi dan terjun langsung kelapangan memastikan kalau rehab rumah menjadi program skala prioritas dalam penerimaan BLM  I tahun ini, dan rumah yang roboh saat ini menjadi urutan teratas dalam pengerjaanya. Namun sayang sekali dana BLM belum cair, rumah yang yang akan direhab keburu luluh lantah karena tidak kuat menahan beban.

Rukmawati salah seorang pengurus OSM Berugak Dese dengan gesitnya menghubungi semua pihak yang berkompeten dalam bidang ini, termasuk staf desa yaitu bagian Kesos dan bagian ekbang serta Koordinator BKM Desa Kopang Rembiga.  Pak Maksul, S.Pd  selaku koordinator program BKM  begitu menerima telpon langsung mendatangi tempat kejadian bersama istri dan anaknya, salah satu yang dihubungi juga adalah KORKOT PNPM-MPk Kab Loteng L Sriwijaya yang akrab dipanggil MQ Jaye untuk mendaptkan persetujuannya agar rumah yang menjadi prioritas BLM I ini bisa dibangun lebih awal walaupun dana BLM belum cair tapi mungkin teman-teman BKM bisa mengatasinya dengan dana cadangan/dana saving yang dimiliki BKM

One response

  1. Salut buat pengurus BKM dan aparat desa yg cepat tanggap dgn mslh seperti ini… lanjutkan kawan

    8 Juni 2012 pukul 21:43

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s