Media Partisipatif

STUDI BANDING KEPALA DESA KEPULAUAN SELAYAR

STUDI BANDING KEPALA DESA “Mencari Pembelajaran Bersama Menuju Kemandirian Desa” 

Sebanyak  41 orang Kepala Desa se-Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan mengadakan Studi Banding di Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah pada hari Selasa 24 April 2012. Rombongan ini berada di Pulau lombok sejak Tanggal 22 April dan akan kembali pada tangal 27 Aril 2012 mendatang.  Rombongan studi banding yang dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Bupati Kepulauan Selayar  Bapak SAIFUL ARIF  beserta Pengurus  Tim Penggerak PKK Kabupaten, Kepala BAPPEDA serta beberapa orang perwakilan dari pemerintahan setempat diterima langsung oleh Bapak Wakil Bupati Lombok Tengah Normal Suzana beserta Kepala BAPPEDA Loteng Ir. L. Muh Amin, MM.  Bapak Camat Kopang Lalu Bagiartha, SIP, Pengurus Tim penggerak PKK Kecamatan, Sekcam, Kepala Desa Kopang Rembiga Agus Agrianto, SIP beserta stafnya dan juga Organisasi Masyarakat Sipil Berugak Dese sebagi lembaga satu-satunya tujuan studi banding,  karena lembaga ini dianggap telah berhasil dan sukses merubah prilaku masyarakat di 5 desa dampingan dalam hal mengaplikasikan program ACCESS Fase II di Lombok Tengah.

Sebelum tiba di Desa Kopang Rembiga, Rombongan studi banding ini terlebih dahulu menuju desa yang ada di Lombok Barat yaitu Desa Mambalan dan Desa Meninting Kecamatan Gunung Sari.   Selain diskusi singkat rombongan juga turun kelapangan untuk melihat sejauh mana pembangunan partisifatip yang telah dilakukan oleh desa tersebut, karena pada saat ini masyarakat lebih cendrung minta dimanjakan oleh pemerintah setempat sehingga budaya gotong royong dan keswadayaan menjadi hilang di masyarakat dan menjadikan otonomi yang diharapkan menjadi semakin sulit untuk dicapai.

Tujuan pelaksanaan kegiatan study banding yang berlangsung dari tanggal 22 s.d 27 April 2012 ke Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah adalah sebagai bahan referensi dan pembelaiaran tentang keberhasilan desa dalam hal perencanaan, pengelolaan dan membangun prakarsa ekonomi lokal dan mengidentifikasi sektor-sektor potensial yang dapat menjadi Pendapatan Asli Desa yang bermuara pada kemandirian desa.  Sehingga para Kepala Desa dapat belajar dari keberhasilan-keberhasilan yang terjadi terutam di desa dampingan ACCESS.

Tujuan Studi Banding :

  1. Mempertajam gagasan dan konsep perencanaan dan penganggaran desa berbasis potensi dan aset lokal guna menuju kemandirian desa.
  2. Mendapatkan pembelajaran tentang praktik perencanaan pembangunan desa yang mandiri berbasis pada kekuatan lokal yang dapat menggerakan kesadaran kolektif warga dalam melaksanakan pembangunan.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan sikap kepala desa terkait dengan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel, dan demokratis dan berpihak pada masyarakat terutama kelompok perempuan, orang miskin dan kelompok marginal lainnya.
  4. Meningkatkan kemampuan kepala desa dalam mengidentifikasi sektor-sektor potensial yang bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan asli desa.
  5. Meningkatkan pemahaman kepala desa terkait stretegi mengintegrasikan perencaan desa dalam skema perencanaan daerah yang berpeluan besar dapat di akomodir dalam Anggaran Daerah (APBD)

Hasil yang Diharapkan :

  1. Meningkatnya pemahaman kepala desa dalam menyusun perencanaan dan penganggaran desa yang berbasis potensi dan kekuatan lokal secara partisipatif dan demokratis.
  2. Meningkatnya pemahaman kepala desa dalam  pengelolaan keuangan desa yang transparan, demokratis, akuntabel dan berpihak para masyarakat (Pro Poor dan berpihak pada perempuan).
  3. Meningkatnya pemahaman kepala desa dalam membangun gerakan ekonomi lokal melalui pembentukan BUMDesa.
  4. Meningkatnya strategi kepala desa dalam mengidentifikasi sektor-sektor potensial yang bisa menjadi sumber pendapatan asli desa.
  5. Diketahuinya strategi untuk mendorong intergrasi perencanaan desa dalam peganggaran daerah yang berpeluang besar di akomodir dalam APBD.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s