Media Partisipatif

LAYANAN KB GRATIS YANG SEPI

Pemasangan alat kontrasepsi secara gratis yang berlansung pada hari rabu, tanggal 18 April 2012 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI yang ke 66  diwilayah kerja Puskesmas Kopang,  yang meliputi 6 desa dibagian utara Kecamatan kopang betul -betul terlihat sepi.  Keadaan ini berbanding terbalik ketika PKK mengadakan hal yang sama dua bulan yang lalu. Padahal pengerahan warga sudah dilakukan sebulan sebelumnya, bahkan pengumuman ini melibatkan Kepala Dusun dan semua kader posyandu pada  masing-masing Posyandu.

Apakah warga masyarakat sudah kurang berminat untuk ber- KB, atau kurang respon karena  tingkat pemahaman, kesadaran dan pengetahuan masyarakat yang masih rendah terhadap betapa pentingnya mengatur jarak kehamilan dan kelahiran demi kesehatannya ?.  Ternyata suasana sepi ini  diakibatkan karena  hampir  semua sasaran PUS (Pasangan Usia Subur) telah mendapatkan layanan dua bulan lalu dan sekarang hanya tinggal menggarap sisanya saja kata salah seorang bidan yang bertugas dipagi hari itu. Dikatakannya juga kalau saat ini tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya ber-KB untuk menuju sehat sudah tidak diragukan lagi, karena sudah banyak masyarakat yang dengan kesadaran sendiri mendatangi Poskesdes, Polindes dan tempat-tempat praktik bidan untuk memasang alat kontrasepsi yang aman dan nyaman menurut mereka walau harus membayar.

Dan tidak ada salahnya bila masyarakat banyak berharap pada pemerintah atau instansi terkait, aparatur desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lembaga-lembaga yang peduli agar tidak bosan-bosannya memberikan pemahaman dan penyadaran arti penting dari kesehatan.

2 responses

  1. anjas

    crosschek dgn jml WUS menikah yg menggunakan KB.

    19 April 2012 pukul 10:24

  2. bdul

    banyak anak banyk rizki kali pemahaman masyarakat

    24 April 2012 pukul 09:32

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s