Media Partisipatif

PELANTIKAN KEPALA DUSUN

Kepala Desa Kopang Rembiga bersama Muspika

Kepala Desa Kopang Rembiga bersama Muspika

PEMBELAJARAN DEMOKRASI

Pemilihan Kepala Dusun merupakan suatau bentuk demokratisasi di tingkat paling bawah yang masih murni tanpa mengenal politik uang (money Politic) maupun pemberian barang-barang kebutuhan kepada masyarakat yang dapat mengikat penerima untuk memilih salah satu kandidat, karena pengajuan calon kepala dusun (Kadus) merupakan aspirasi atau keinginan  murni dari masyarakat bukan karena kemaun sendiri ataupun  hanya mementingkan ambisi demi gengsi.

Pemilihan kadus ini sendiri merupakan sarana pembelajaran, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang demokrasi yang sesungguhnya, dengan tujuan  menjunjung  tinggi asaz kemenangan dan menerima secara ikhlas akan kekalahan, agar masyarakat tidak lagi terkotak-kotak dan terpecah belah, dan calon terpilih harus mampu merangkul semua pihak baik yang mendukung maupun yang tidak mendukungnya karena pada tataran seringkali dipergunakan sebagai ajang saling balas. Bila pemahaman ini kita tanamkan dari sejak dini maka pada masa yang akan datang  segala bentuk pemilihan secara langsung tidak akan ada lagi kita dengar istilah-istilah serangan fajar maupun istilah lain yang sekarang ini bukan menjadi rahasia umum.

Pelantikan 8 orang kepala dusun hasil pemilihan secara langsung di Desa Kopang Rembiga yang dilaksankan pada hari Rabu, 4 April 2012 yang bertempat di Aula Kantor Desa Kopang Rembiga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Kopang, Mantan kadus, BPD, Toga, Toma, Ketua –ketua KPPS, Panwas, Semua Panitia serta masyarakat umum.

Pemilihan Kadus ini berjalan cukup kondusif tanpa ada gejolak di tengah-tengah masyarakat, hal ini tidak terlepas dari antisipasi serta persiapan yang matang dari panitia sejak dari penyebaran pengumuman dimasing-masing dusun tempat akan berlangsungnya pemilihan sebagai bentuk penjaringan, perekrutan calon Pemutahiran Data Pemilih, Penerimaan Pendaftaran Calon, Verifikasi administrasi calon, Tes Akademik tentang tugas keseharian kadus sebagai bentuk penyaringan yang akan menghasilkan calon-calon kadus  yang berpengetahuan tentang tudas dan fungsinya, dari hasil ini lalu diadakan pengundian warna kotak sebagai bahan kampanye calon di kekadusannya.

One response

  1. bdul

    saya sangat mengapresiasi dengan kegiatan ini. hal seperti ini yang sangat saya impikan di desa saya. kapan ya bisa melakukan proses pemilihan kepala Dusun seperti yang di lakukan oleh kawan-kawan Kopang rembiga.

    24 April 2012 pukul 09:40

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s