Media Partisipatif

POHON TURI PENGGANTI MINYAK TANAH

KEMITRAAN BKM  DENGAN PT. SADANA ARIP NUSA

Penyerahan Bibit Pohon Turi dari PT. Sadana Arip Nusa Pada BKM Ngiring Maju Desa Kopang Rembiga
BKM Ngiring Maju Desa Kopang Rembiga merupakan salah satu mitra dari PT. SADANA ARIP NUSA Nusa Tenggara Barat. Kemitraan ini bukan merupakan sebuah selogan tanpa implementasi, hal ini dibuktikan dengan ikut berperannya salah satu Perusahaan Pengadaan Tembakau PT. Sampoerna dalam keikutsertaannya memelihara lingkungan dengan berperan aktif membagikan pohon tanaman keras pada petani tembakau.
Namun bukan hanya Petani Tembakau saja bantuan ini dapat diberikan, ini terlihat dari penyaluran bantuan berupa 6000 bibit pohon turi pagi para peternak kambing yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarat (KSM) Harapan Sejahtera yang telah mendapatkan bantuan 12 ekor kambing dari Badan Keswadayaan Masayarakat Ngiring Maju Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah.
Bibit pohon turi ini diserahkan langsung oleh Bapak Kuswanto Setiabudi selaku Pimpinan PT. Sadana Arip Nusa Cabang Nusa Tenggara Barat dengan Pimpinan Wilayah Kecamatan Kopang Bapak Abung Hadi beserta Lalu Aswadi selaku Petugas Lapangan kepada Semua Pengurus BKM Ngiring Maju Desa Kopang Rembiga dan Askot PNPM-MPk. yang berlokasi di Dusun Lingkung pada hari Senin, 12 Maret 2012.
Tujuan utama program pemberian bibit pohon turi ini adalah sebagai pengganti bahan bakar minyak tanah untuk open tembakau, serta nantinya diharapkan masyarakat tidak lagi menebang pohon tanam keras lainnya seperti pohon asam yang selama ini banyak dipergunakan oleh petani tembakau, selain keperdulian perusahaan ini pada lingkungan, ditujukan pula bagi para petani dan peternak agar dapat menambah perekoniannya karena sudah dapat memangkas biaya operasionalnya terutama pada biaya pengangkutan selain daun turi dapat dimanfaatan sebagai pakan ternak dan pohonnya sebagai bahan bakar open tembakau yang ramah lingkungan.
TP. Sadana Arip Nusa pada musim tanam tahun ini akan panen sebanyak 1.400.000 pohon turi di kawasan selatan pulau lombok yang akan didistribusikan sepenuhnya untuk keperluan bahan bakar open tembakau.
Semoga program ini dapat terus berlanjut sampai para petani dapat mandiri dan tidak ketergantungan lagi pada Minyak tanah, dan BKM Ngiring Maju Desa Kopang Rembiga dapat terus membangun kemitraan (jejaring) dengan perusahaan-perusahaan lain agar dapat menjadi sebuah organisasi masyarakat yang mandiri yang dapat membangun desa dan dapat membantu masyarakat miskin menuju masyarakat madani dengan selalu berlaku ikhlas.

bibit pohon turi yang didistribusikan untuk peternak kambing

4 responses

  1. Assalamu’alaikum W.W.
    *Saya sangat tertarik dengan “BERUGAK DESE” sebagai suatu ‘Situs dalam Blog WordPress’,.. banyak sekali berita-berita yg barusan saya baca, sangat berguna guna bagi Saya ditanah rantauan mengetahui perkembangan Kopang khususnya, Lombok Tengah umumnya.

    *Mohon petunjuk bgmn cara berlangganan Situs BERUGAK DESE, yg saya bisa terima kiriman beritanya secara berkala ? Mohon petunjuk Sdr Admin !

    Kendari, 13-03-2012.

    13 Maret 2012 pukul 10:28

    • silahkan pollow biar tiap posting bisa akses atau tiap posting pasti di share ke FB, terima kasih atas perhatian serta sarannya

      16 Maret 2012 pukul 18:32

  2. mohon di maaf kiranya saya lancang .sebenarnya saya nggak setuju dgn pokok turi sbgi pengganti minyak tanah ,karna disebabkan oleh pengusa tembakau ,karna dan penyebabnya sangat2 ngak masuk akal ,kalau bisa mohoon pd pemerintah loteng hususnya ,apa nggak ada cara lain utk membantu para petani agar cepat menaikkan ekonomi ,jangan hanya kita harapkan tembakau saja ,dan kalau bisa kita kurangkan tembakau karna tembakau banyak sangat efek nya seerti kanser ,batuk dan macam macam kalau bisa ujud kan rakyat sihat wassalam

    20 Maret 2012 pukul 20:49

  3. vyan

    kalau boleh tau manfaat getah daun turi ada ndak ?

    13 Desember 2012 pukul 19:09

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s