Media Partisipatif

PROGRAM NICE

NUTRITION IMPROVEMENT THROUGH CUMMUNITY EMPOWERMENT ( NICE ) PROJECT

Masalah gizi merupakan salah satu prioritas yang dibutuhkan oleh seluruh umat manusia, karena menyangkut masalah kesehatan. Sampai dengan saat ini, karena masih banyak masyarakat yang belum menyadari betapa pentingnya masalah gizi, sehingga sebagai korban adalah anak-anak balita dari keluarga kurang mampu (miskin). Misalnya, akibat kurang gizi pada anak balita dapat terlihat dari perkembangan fisiknya, mereka sangat kurus sebagai akibat dari kurang vitamin A (KVA), Anemia gizi pada balita bahkan ibu hamil, serta gangguan lainnya akibat kurang yodium (GAKI).

Peran Pemerintah (Dinas Kesehatan) melalui  program NICE (Nutrition Improvement through Community Empowerment) dirasa sangat tepat, karena program tersebut dapat  meningkatkan minat serta semangat  masyarakat untuk lebih memperhatikan diri terutama dalam masalah gizi. Program NICE dilaksanakan oleh para Kader Kesehatan Desa  yang dihimpun dalam sebuah team yang disebut dengan KGM (Kelompok Gizi Masyarakat).

Sejak terealisasinya program NICE di Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah pada bulan Januari tahun 2010 yang lalu, tingkat kehadiran masyarakat setiap pelaksanaan Posyandu meningkat begitu tinggi, dan kondisi saat ini peran para Kader Kesehatan (Kader Posyandu) yang bertugas disetiap Posyandu Desa Kopang Rembiga bukan lagi menjadi monopoli kaum hawa, begitu juga kaum bapak sudah tidak merasa risih dan canggung lagi membawa anaknya ke posyandu. Perubahan cara pandang ini tidak terlepas dari peran serta Organisasi Masyarakat Sipil Berugak Dese yang bersinergi dengan KGM, BKM (PNPM-MPk) dan Pihak Puskesmas yang tak henti-hentinya memberikan pencerahan dan penyadaran kepada masyarakat  di Desa mengenai betapa pentingnya datang ke Posyandu.

Program NICE  tidak hanya mengurus masalah Posyandu saja, namun anak didik (sekolah) yang tidak masuk sebagai bagian dari sasaran posyandu juga mendapat kesempatan penyuluhan tentang betapa pentingnya ber PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat). Hal ini dibuktikan dengan telah dilaksanakan demo bagaimana menggosok gigi yang baik, membersihkan tangan  sesudah beraktifitas, penyuluhan tentang betapa pentingnya sarapan sebelum berangkat kesekolah dan pengenal organ tubuh manusia.

Kegiatan penyuluhan serta demo ini telah dilaksanakan pada 13 SD/MI se desa kopang rembiga yang dilakukan oleh petugas Gizi dari Puskesmas yang dibantu oleh Kelompok Gizi Masyarakat.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s