Media Partisipatif

MUSRENBANG KECAMATAN KOPANG 2012

SKPD bersepakat untuk menyusun Program kerja berdasarkan hasil Musrenbang

 

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Kopang kali ini terlihat jauh berbeda dari pelaksanaan musrenbang pada tahun-tahun sebelumnya. Dimana pelaksananaan kali ini terlihat begitu terencana dengan matang terutama tim Kabupaten yang tergabung dalam tim 3 dengan ketua tim Fasilitasi Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah.

Sebanyak 24 orang dari semua SKPD Lombok Tengah yang tergabung dalam tim 3 terlihat begitu sabar dan tekun mengikuti acara sejak acara dibuka sampai dengan acara pleno berlangsung dan bahkan sampai dengan pemilihan utusan  delegasi kecamatan ketingkat kabupaten (wali amanah) mereka pun tak beranjak dari tempat. Pada kesempatan yang berharga ini kehadiran Anggota DPRD Lombok Tengah Daerah Pemilihan Kopang-Janapria tidak kalah bersemangatnya menggali dan menghimpun hasil musrenbang yang merupakan kebutuhan masyarakat yang akan diperjuangkan dan dikawal sampai dengan pembahasan di tingkat kabupaten.

Musrenbang Kecamatan Kopang yang dilaksanakan pada hari selasa 14 Februari 2012 diawali dengan laporan Ketua Panitia terkait tujuan dilaksanakannya Musrenbang Tingkat Kecamatan.

Adapun tujuannya adalah Sbb :

  1. Membahas dan menyepakati hasil musrenbang tingkat desa yang akan menjadi skala prioritas kegiatan pembangunan diwilayah kecamatan kopang.
  2. Menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di kecamatan kopang yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa, baik berupa Renja SKPD kecamatan maupun instansi pelayanan lainnya ditingkat kecamatan, serta menyepakati sumber-sumber pembiayaannya (Swadaya Masyarakat, APBDES. APBD Kabupaten, APBD Propinsi, APBN maupun sumber-sumber lainnya).
  3. Melakukaan klarifikasi dan masukan-masukan atas kegiatan pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi SKPD Kabupaten.
  4. Menghasilkan rencana pembangunan tahun 2013 yang akan diusulkan dan dibiayai baik dari DAU, DAK, DEKON dan lainnya berdasarkan SKPD/Gabungan SKPD yang akan dibahas pada diskusi Forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten.

Camat Kopang mengucapan selamat datang dan terimkasih yang tulus kepada semua peserta musrenbang yang telah meluangkan waktu dan tugas baik itu para SKPD, Sekda, DPRD Loteng, kepala UPT se kecamatan Kopang, Kepolisian serta wali amanah yang berasal dari 11 Desa se kecamatan Kopang.

Dalam sambutaanya Camat Kopang memaparkan kondisi Tofograpi, Sosial ekonomi, Budaya, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perkebunan, dan Pendidikan menurut data tahun 2011.

Dalam acara pleno masing-masing SKPD diberikan kesempatan untuk memberikan klarifikasi tentang program-program usulan yang menjadi skala prioritas di masing-masing desa sebagai pencerahan pada semua kepala desa dan peserta yang hadir saat itu, karena Paket Informasi Kegiatan (PIK) dari masing-masing SKPD sampai dengan berakhirnya Musrenbang ditibgkat desa belum dibagikan tekendala dengan pembahasan anggaran pada saat itu belum tuntas. Hinggga pada saat acara pleno musrenbang kecamatan masing-masing SKPD menginformasikan secara langsung mana-mana kegiatan yang akan dilaksanakan tahun ini sehingga tidak perlu lagi masuk sebagai usulan tahun depan.

Dan dalam kesempatan yang sama, semua SKPD berkomitmen untuk membuat program kerja yang disesuaikan dengan hasil musrenbang kecamatan yang dilanjutkan dengan musrenbang ditingkat kabupaten.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s