Media Partisipatif

KESEPAKATAN TASTURA (KUTA LOMBOK)

Pelatihan Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaa Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Desa Partisipatif Berbasis Aset

Di Hotel Tastura Kuta – Tanggal 23-25 September 2011

 

FOTO BERSAMA

Pelatihan semacam  ini sangat perlu diberikan kepada aparatur pemerintahan Desa sebagai bekal penyusunan perencanaan pembangunan Desa secara Partisipatif untuk menuju desa mandiri, selain aparatur desa Kader-Kader penggerak Pembangunan juga dipandang sangat perlu tahu dan mengerti bagaimana proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi pembangunan desa yang telah direncanakan bersama dengan melihat skala prioritas, bukan berdasarkan suatu keinginan dari segelintir orang, Karena kader adalah ujung tombak pembangunan Desa.

Kepala BAPPEDA Loteng : Ir. L. M. Amin, MM. Berkesempatan membuka acara pelatihan ini, dan beliau sekaligus sebagai Nara Sumber pihak  Pemerintah Kabupaten dengan mengangkat isyu  Fungsi dan peranan BAPPEDA dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di era desentralisasi. Dalam kesempatan ini tak lupa beliu memberikan 3 prinsip agar menjadi fasdes yang handal.

  1. Norma,kalo orang tidak memiliki norma kurang ajar.
  2. Nilai kejujuran, keadilan tanpa nilai orang tidak akan percaya,  dan …..
  3. Prilaku yang menjadi contoh

Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai pada hari Jum’at tanggal 23 s/d 25 September 2011 di Hotel Tastura Kuta Lombok Tengah yang diikuti oleh 11 orang Apartur Desa dari 11 Desa yang ada di Kecamatan kopang, 20 orang Fasilitator Desa, 1 orang dari pemerintahan kecamatan, 6 orang Pendamping Lapangan, serta 6 orang selaku panitia yang aktif juga mengikuti pelatihan dari awal sampai selesai.

Kegitan yang dilaksankan selama 3 hari ini di Fasilitasi oleh Bapak Ida Bagus Aryawa dan Titik Supriati dari Mitra Samya, dengan menghasilkan suatu kesepakan bersama yang ditandatang langsung oleh semua peserta yang hadir yaitu :

Kami perwakilan masyarakat dan pemerintah desa yang  ada dikecamatan kopang kabupaten Lombok Tengah  yang  hadir dalam kegiatan pelatihan pengelolaan pembangunan bersepakat :

  1. Terus berupaya membangun perencanaan penganggaran pelaksanaan pemantauan dan evaluasi berlandaskan padas prinsip/ nilai partisipatif berbasis kekuatan transparan dan bertanggungjawab.
  2. Membangun proses berbagi pengalaman dan pembelajaran  bersama antar desa secara berkelanjutan
  3. Berupaya bersama dengan memperkuat jaringan demi mendukkung perwujudan desa mandiri.

 

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s