Media Partisipatif

KUNJUNGAN SAPAN THAILAND

LOMBOK TENGAH TUJUAN UTAMA TIM PROGRAM SAPAN, LSM THAILAND DI NTB

Indonesia merupakan salah satu negara tujuan study banding bagi negara-negara dikawasan asia tenggara, karena indonesia nilai berhasil meningkatkan transparansi dan akuntabilitas serta peningkatan transparansi masyarakat dalam pembanguan di era Desentralisasi.

LSM  yang tergabung dalam program SAPAN dari Thailand pun merasa sangat tertarik dengan keberhasil ini sehingga lembaga ini membuat program  kunjungan study banding ke Indonesia yang terbagi dalam 3 tim  dimana masing-masing tim terdiri dari 10 orang dengan daerah tujuan Yogyakarta, Makasar dan Nusa Tenggara Barat (khususnya Lombok Tengah).

Di Lombok Tengah pada tanggal 15 September 2011  Rombongan ini diterima Langsung Oleh Kepala BAPPEDA Lombok Tengah, dan setelah acara penyambutan Tim ini langsung menuju ke Penujak untuk melihat sudah sejauh mana Pembangunan BIL sampai dengan saat ini, karena isu santer yang mereka dengan BIL  akan mulai beroperasi tanggal 1 oktober tahun 2011.

Dari Penujak rombongan melanjutkan perjalanan ke Sekretariat ASPPUK dimana mereka ingin menimba ilmu pengorganisasian serta pemberdayaan kaum perempuan terutama Perempuan Usaha Kecil, setelah mendapatkan penjelasan yang cukup memuaskan mereka segera menuju Desa Kopang Rembiga yaitu di Sekretariat Berugak Dese.

Acara penyambutan  TIM SAPAN ini dilakukan dengan sangat  sederhana dan penuh kekeluargaan, dan setelah dilakukan sedikit kata sambutan tanpa tanpa ada pemandu acara mereka bertanya bagaiman terbangunnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan yang dilakukan selama ini serta bagaimana Lemabaga Berugak Dese dapat membangunan Jejaring dengan Pemerintah setmpat dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten sampai dengan Propinsi dan Aktor-aktor pembangunan lainnya.

Sebagai akhir dari kunjungan, Tim berkesempatan berkunjung ke salah satu Pengusaha Industri Rumah Tangga Jajanan Kering Merungkung sedang sedang berproses.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s