Media Partisipatif

Pelatihan Membawa Perubahan Prilaku bagi Sekdes Bebuak

Ada apa dengan pelatihan yang dilaksanakan Pemda LOTENG untuk Sekretaris Desa dan Sekretaris Lurah ?

—

SEKDES DESA BEBUAK

  • Menurut penuturan Sekdes Desa Bebuak ( Lalu Bardiman ) pada kami ( Berugak dese  ) pada hari Rabu 22 Juni 2011 jam 19.45 wita  di kantor Desa Bebuak bahwa pelatihan Administrasi Umum bagi Sekdes/Seklur sekabupaten Loteng yang diadakan selama 5 hari mulai tanggal 13 sampai 17 Juni 2011 yang lalu diselenggarakan di Aik Mual (BPP Lombok Tengah) oleh Pemda Kabupaten Loteng sangat bermanfaat dan berarti sekali terutama bagi dirinya ( Lalu Bardiman ).
  • —Ada tiga ( 3 ) hal yang sangat dirasakan dan dapat diambil sebagai pembelajaran bermakna  yaitu  : 1. Kedisiplinan, 2. Kepemimpinan, 3. Kearsipan.
  • —Menurut Sekdes ketiga hal di atas sama pentingnya. Terkait kedisiplinan, mulai dari cara berpakaian, waktu ( jam kerja ) berawal dari dirinya yang kemudian diterapkan dikantornya. Begitu juga dengan kepemimpinan, Sekdes selaku “ Pardana Mentri “ di desa harus selalu menciptakan keharmoisan antar pimpinan dan stafnya . Ternyata  jadi pegawai negeri itu tidak mudah kita harus terus dan terus belajar katanya. Terlebih lagi jadi seorang sekdes yang sudah di PNS kan, ini merupakan beban berat baginya karena Sekdes sebagai “ Koordinator Pengelola Keuangan Desa “ memiliki tugas yang sangat berat dan harus mampu memanage dan mengkoordinir segala sesuatu yang terkait tentang administrasi di desa
  • Kearsipan, nah ini yang paling penting. Selama ini saya tidak pernah berfikir seperti apa mengarsipkan yang baik, saya bekerja saja seperti tanpa tujuan dan sekarang  saya baru mengerti bahwa menyusun arsip sesuai dengan bidangnya  justru akan mempermudah kerja kita. Disamping itu menempatkan  Kaur sesuai peran fungsinya itu adalah satu keharusan,  seperti  Bendahara  misalnya harus menjalankan fungsinya sebagai pengelola keuangan desa, dan begitu juga Kaur (Kepala Urusan) yang lain.
  • —Biasanya CPNS sebelum menjadi PNS tentu akan ada prajabatan terlebih dulu dan mungkin inilah bentuk prajabatan  yang dimaksud, sungguh sangat berarti dan mampu meberi perubahan yang cukup signifikan baginya baik dari cara berfikir maupun bertutur dan bersikap ( sambil menutup ceritanya )
Salam
rukmawati

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s