Media Partisipatif

POSYANDU

POS  LAYANAN TERPADU

KEGIATAN DI POSYANDU

Selama ini Posyandu  yang kita tahu hanyalah sebagai tempat penimbangan bayi tidak lebih dan tidak kurang, dan itupun hanya berkegiatan selam beberapa jam dan 1 hari dalam satu bulan selama petugas Kesehatan terutama dari Puskesmas melaksanakan tugas mereka disana. Namun tidak demikian halnya dengan Posyandu yang ada di Desa Kopang rembiga sekarang ini, selain semua kader posyandu telah dapat memfungsikan  5 meja, mereka juga aktif melakukan penyadaran kepada masyarakat di dusun masing-masing terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat yang ditandai dengan tidak BAB di sembarang tempat. Bahkan belakangan ini semua Posyandu yang berada di luar desa telah dilengkapi pula dengan obat-obatan ringan seperti, Antalgin, CTM, Parasetamol serta obat generik lainnya dengan tujuan agar warga masyarakat yang jauh dari akses puskesmas dapat dengan segera mendapatkan pertolongan walaupun hanya dengan bantuan obat-obatan ringan.

Kepala UPT Puskesmas Kopang Lalu Khalik, S.Sos. berencana nantinya semua Posyandu yang ada diluar desa terutama yang jangkaunnya jauh dari puskesmas akan dilengkapi dengan obat-obatan yang disesuikan dengan gejala dan wabah yang sering melanda warga sekitar Posyandu, namun harapan ini tidak mungkin kita laksanakan tanpa didukung oleh pengetahuan kader tentang nama dan fungsi dari obat tersebut. Untuk itu perlu kiranya kita akan memberikan pelatihan pengenalan obat-obat tertentu dengan fungsi dan gejala efek samping yang ditimbulkan.

Pergeseran fungsi dan paradigma Pasyandu  sebagi tempat penimbangan Balita, tempat pemeriksaan Ibu hamil dan tempat penyuluhan kesehatan sudah mulai berkurang, karena  sekarang tempat ini dipergunakan pula sebagai balai temu oleh warga yang berdomisili di lingkungan posyandu tersebut. Bahkan kegiatan-kegiatan lain mulai di pusatkan di tempat ini. Sehingga arti dari Pos Layanan Terpadu betul-betul dimaknai dengan sebenarnya.

kegiatan penyuluhan di Posyandu

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s