Media Partisipatif

SOSIALISASI PENGOLAHAN SAMPAH POLA 3 R

SANITASI LINGKUNGAN BERBASIS MASYARAKAT (SLBM)

Sosialisasi Pembangunan Tempat Pemerosesan Akhir (TPA) sampah untuk mengatasi masalah persampahan yang ada di Desa Kopang Rembiga pada khususnya dan desa Bebuak dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya di  Aula Kantor Desa Kopang Rembiga pada hari Senin, tanggal 25 April 2011 yang di pasilitasi oleh Berugak Dese dengan menghadirkan BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Kepala Dusun dan Ketua RT  desa kopang rembiga  serta perwakilan warga Desa Bebuak sebagai lokasi pembangunan TPA ini.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu kata sambutan kepala Desa Kopang Rembiga yang diwakili oleh Sekdes selaku tuan rumah menyampaikan selamat datang dan menyampaikan permohonan maaf Bapak Kepala Desa kepada semua, karena beliau  tidak dapat menghadiri acara ini berhubung  ada urusan yang tidak bisa diwakilkan di Kabupaten, dan dilanjutkan dengan sedikit pemaparan tentang bagaimana rumitnya mengurus sampah yang makin tahun makin menumpuk yang perlu kiranya mendapat perhatian serta mencari solusi penanganannya. tentunya patut kita syukuri bahwa tahun 2011 Desa Kopang Rembiga akan dibuatkan tempat Pengolahan sampah  berbasis Masyarakat (SLBM) yang berlokasi di sebelah timur kuburan layari atau tepatnya masuk Desa Bebuak sebagi  realisasi dari Usulan yang terus menurus diangkat dalam setiap Musrenbangdes, yang nanti pemanfaatanya akan banyak berdampak pada desa-desa tetangga terdekat, karena TPA ini selain dapat mengatasi masalah persampahan dapat pula menciptakan lapangan kerja bagi semua kalangan menurut keahlian masing-masing.

Kepala Bidang PU Cipta Karya : Lalu Firman Wijaya, ST, SMT. Pada acara sosialisasi ini menjelaskan kepada warga yang hadir kalau rencana pembangunan TPA ini bukan hanya sekedar wacana, karena dananya sudah ada yaitu dana dari pusat yang disalurkan melalui DAK,  tinggal sekarang desa terlebih dahulu harus membentuk KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) yang nantinya sebagai penerima langsung dana pembangunan ini melalui rekning kelompok untuk dapat segera melakukan pembangunan fisik dan pengadaan fasilitas pendukung lainnya.

Selain itu beliau mengajak kita semua mengubah paradigma lama tentang pengertian TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang selama ini kita kenal menjadi TPA (Tempat Pemrosesan Akhir), karena TPA yang akan dibangun sekarang ini akan dilengkapi dengan 8 mesin pengolahan yang nantinya dapat memproses sampah organik menjadi menjadi pupuk organik dengan menggunakan Pola 3 R (  Reuse = Menggunakan kembali, Reduse = Daur Ulang kembali dan Recycle = Pemilihan Kembali).

Sebelum acara dilanjutkan, Lalu Syafrudin, SH salah seorang Pengurus Berugak Dese terlebih dahulu mempresentasikan bagaimana rumitnya persoalan persampahan yang kita hadapi saat ini, karena dengan bertumpuknya sampah dimana-mana ini berdampak sangat buruk bagi kehidupan kita semua, karena selain mencemari lingkungan dapat pula mengakibatkan berkembangnya bibit –bibit penyakit menular yang dapat berakibat patal bagi kehidupan warga masyarakat. Bagaimana penanganannya, pengolahan sampai dengan menjadi sebuah komuditas yang berharga bagi petani pada khusunya dan bagi kesehatan lingkungan pada umumnya, dengan memperlihatkan hasil produk pertanian yang di pupuk dengan menggunakan pupuk organik.

Sebagai acara terakhir dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi, acara ini mendapat tanggapan yang sangat serius dan penuh antusias dari yang hadir, sehingga acara ini terlihat begitu hidup dengan lontaran-lontaran pertanyaan yang sangat mengena dan sisitimatis terutama dari tiga tokoh masyarakat  dari Desa kopang Rembiga yaitu : H.L. Mahir, H. Ardjan Yusran dan  Drs. Usman sedangkan dari tokoh Pemuda diwakili oleh Jaka Wiraharja dan dari unsur Pemerintahan paling bawah diwakili oleh RT dari Dusun Pendagi yaitu Marde.

“MARI KITA MENGELOLA SAMPAH DENGAN BERSWADAYA”

“JANGAN MELAKUKAN PENDEKATAN YANG MENIMBULKAN KONFLIK ATAS DASAR KEPENTINGAN”

Salam

Berugak Dese

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s