Media Partisipatif

“DAKWAH dan TAJDID”

GERAK MELINTASI ZAMAN “DAKWAH dan TAJDID” menuju “PERADABAN UTAMA” di BUMI TATAS TUHU TRASNA *)

Eksistensi Organisasi Muhammadiyah di Lombok Tengah


MUSDA MUHAMMADIYAH

Muhammadiyah sebagai Ormas Islam tertua di Indonesia yang didirikan oleh reformis Islam pada zamannya yaitu K. H. Akhmad Dahlan, tepatnya pada tanggal 18 November 1912 Masehi/8 Djulhijjah 1330 Hijriyah, (1 Abad) mampu bertahan sampai sekarang.Sebagai salah satu Ormas Islam, dalam kurun waktu 60-an tahun Muhammadiyah hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat Lombok Tengah, apa yang Muhammadiyah telah dan akan kontribusikan untuk Lombok Tengah ?
Melalui Musyawarah Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Lombok Tengah (Minggu, 10 April 2011) bertempat di Gedung Dakwah Praya. Pada Pidato Iftitahnya Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lombok Tengah periode 2005-2010 (H. L. Syahrun) bahwa Warga Muhammadiyah telah banyak berkontribusi untuk pemerintah dan masyarakat Lombok Tengah  terutama di Bidang Pendidikan, ke depan Muhammadiyah melalui Pimpinan yang baru untuk periode 2010-2015 akan melaksanakan beberapa kegiatan yang telah direncanakan tentunya sesuai dengan kondisi masyarakat Lombok Tengah sekarang dan 5 tahun ke depan yang lebih nyata, antara lain dengan menambah Jurusan Baru pada Multi Kampus II Universitas Muhammadiyah Mataram di Penaban Praya yaitu salah satunya Jurusan Administrasi Negara dan akan mengembangkan pendidikan untuk SMK Jurusan Kesehatan dan Pariwisata yang tidak lama lagi ijin operasionalnya akan keluar, termasuk juga amal usaha lainnya seperti Rumah Sakit, Poliklinik, ekonomi kerakyatan dan santunan anak yatim dan miskin.Pada kesempatan lain, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Nusa Tenggara Barat (Ir. H. Subhan) dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada beberapa hal catatan penting untuk warga muhammadiyah antara lain, pikiran, pendapat dan gerakan warga muhammadiyah harus (1) loyalitas, (2) berpartisipasi aktif, dan (3) kritis dan kreatif.  Selanjutnya sebelum mengahiri sambutannya pimpinan wilayah Muhammadiyah berpesan untuk selalu menegakkan (1) Aqidah-akhlaq yang mulia, (2) pembinaan organisasi, (3) refitalisasi amal usaha, dan (4) refitalisasi kader

MUSDA MUHAMMADIYAH

Pada acara istirahat, sebelum acara Musda dimulai, diberi-kan kesempatan kepada salah satu Ortom Muhammadiyah yaitu Tapak Suci binaan Santoso, S.Pd. M.Pd. untuk anak-anak yang telah berhasil meraih medali emas pada PON XVII di Kalimantan Timur. Pada kesempatan ini, diberikan waktu kepada ortom tapak suci  untuk beratraksi memberikan contoh jurus-jurus tapak suci pada peserta Musda mulai dari jurus pembuka sampai dengan jurus penutup.

MUSDA MUHAMMADIYAH

Proses Pemilihan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lombok Tengah pada Musda VI tahun 2011, telah melalui beberapa tahapan yaitu mulai dari Penyaringan Bakal Calon Penjaringan Calon sampai kepada penetapan calon. Dari 60 orang yang mendaftar sebagai calon, yang memenuhi syarat 26 orang calon untuk dipilih yang kemudian sesuai aturan pemilihan di Ormas Islam ini setiap pemilih diberikan hak untuk memilih 13 orang calon yang kemudian secara otomatis menjadi pengurus/pimpinan.
Pemilihan dilaksanakan secara demokratis sesuai azas Pemilu yaitu Luber dan Jurdil, dengan menghasilkan 13 orang Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lombok Tengah yang baru untuk periode 2010-2015 yaitu : Drs. Ayun Nuri, Msi., Drs. H. Lalu Elyas Munir Jaelani, Drs. Faesal Husen, Drs. Jaenal Arifin, Msi., Maryono Ambar P, SE., H. Muhamad Natsir, Drs. Nasri Anggara, MA., Ramdan. M. Rajab, MEDL, H. Saemudin, SIP., Sugonto, SIP., Supriadi, S.Pd., Drs. Surahman, Suroso, S.Pd.Kemudian pimpinan terpilih bermusyawarah untuk menentukan jabatan sebagai Pengurus yaitu Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris dan Bendahara serta Wakil-Wakil Ketua yang menduduki jabatan 8 bidang lainnya yaitu :

  1. Bidang Tarjih, Tajdid, Tabligh dan Dakwah
  2. Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan
  3. Bidang Pendidikan dan Kaderisasi
  4. Bidang Wakaf, Zakat, Infaq dan Sadaqah
  5. Bidang Pemberdayaan Masyarakat
  6. Bidang Lembaga Pustaka dan Informasi
  7. Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Rakyat
  8. Bidang Seni dan Budaya

Sementara di tempat lain, warga  yang tergabung dalam Organisasi Aisyiyah juga melaksanakan Musda untuk memilih Pimpinan Aisyiyah Daerah Kabupaten Lombok Tengah yang baru masa bakti periode 2010-2015.

“SELAMAT BERJUANG KAWAN”

Wujudkan Gerakan Islam Amar Ma’ruf Nahi Mungkar,

Jadilah slalu orang yang bermanfaat bagi mahluk Allah di muka bumi ini

2 responses

  1. hamid

    salam sukses smga tajdid bisa terwujud.

    12 April 2011 pukul 20:13

  2. ASSALAMUALAIKUM,APA KABAR SEMUANYA BAIK ALHAMDULILLAH LEWAT KESEMPATAN NIKI TIANG MILU KOMENTAR SEKEDIK,,BAHWA TAJDID DALAM ISLAM ITU PENTING SEBAB KITA SERING LUPA DENGAN KALIMAT TUHID,,DENGA KESIBUKAN KITA JUGA DAN SETAN SELALU MEMBUAT KITA LUPA,,JADI SERING2 LAH PERBARUI LAA ILAHAILLALLAH MUHAMMADURRASULULLAH..BILLAHITTAUFIQ

    25 Juli 2011 pukul 22:28

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s