Media Partisipatif

PELATIHAN FASDES DAN KAKES KOPANG DIHADIRI BUPATI LOTENG

BUPATI LOTENG “H. SUHAILY  F.T. HADIR DI TENGAH-TENGAH  FASDES DAN KAKES  “BERUGAK DESE” KOPANG DI HOTEL TASTURA KUTA LOTENG

Bupati Loteng H. SUHAILY F.T saat memberikan pencerahan pada acara pelatihan Pendokumentasian Fasdes Dan Kakes Berugak Dese di Hotel Tastura Kuta Lombok

FASDES (Fasilitaor Desa atau sering disebut Kader Penggerak Pembangunan Masyarakat Desa) dan KAKES ( Kader Kesehatan) merupakan Relawan di tingkat Desa dimana keberadaan mereka sering kali dianggap sebelah mata oleh masyarakat maupun perangkat desa dimana mereka berkegiatan,  padahal keberadaannya sangat dibutuhkan, karena mereka adalah motor penggerak di tingkat paling bawah di jajaran pemerintahan desa yang berinteraksi langsung dengan masyarakat di dusun masing-masing. Agar dapat pengakuan baik dari masyarakat maupun Pemerintahan Desa, maka Lembaga BERUGAK DESE Desa Kopang Rembiga sering memberikan pelatihan Penguatan Kapasitas agar mereka mampu memberikan pemahaman-pemahaman berbasis pendekatan  kepada masyarakat.

Setelah mendapat pengakuan dari masyarakat dan Pemerintahan Desa, tidak lantas mereka puas, namun timbul tantangan baru dalam hal pelaporan dan pendokumentasian, maka kami dari Berugak Dese merasa terpanggil dan berkepentingan untuk segera memberikan pelatihan pendokumentasian dan publikasi bagi Fasdes dan Kakes agar nantinya mampu meningkatkan budaya bertutur menjadi budaya menulis, terutama mengenai cerita-cerita sukses yang dialamai selama ini.

Pelatihan Pendokumentasian Program dan Pembelajaran bagi Fasdes dan Kakes ini dilaksankan selama 2 hari yaitu hari Sabtu dan Minggu tanggal 26-27 Maret 2011 di Hotel TASTURA Kuta Lombok Tengah, adapun pesertanya terdiri dari 30 orang Fasdes dan Kakes dari 5 Desa binaan Berugak Dese ( Kopang Rembiga, Montong Gamang, Bebuak, Lendang Are dan Waje Geseng) masing-masing desa terdiri dari 6 orang peserta. 5 Orang Petugas Lapangan (PL), Tim program 6 Orang serta Panitia sebanyak 5 orang.

Bidang Jurnalistik di Fasilitasi langsung oleh Bapak Fairuz Abadi (Abu Macel-nya Lombok Pos) sedangkan dibidang Potografer difasilitasi oleh Bapak Salman Faris.

Fairuz Abadi Alias ABu Macel sebagai Faslilitator Jurnalistik

Dalam menyampaikan materi Jurnalistik Pak Fairus Abadi banyak memberikan masukan, teori, dan trik-trik dalam menulis agar nantinya tidak tergilincir dalam membuat tulisan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Semua peserta terlihat tersenyum bahkan kadang-kadang tertawa lepas, karena dalam penyampain materi Pak Fairus selalu menyelipkan banyolan-banyolan nyeleneh ala Abu Macel, sehingga membuat semua peserta merasa tetap bersemangat, gembira tanpa ada rasa bosan maupun ngantuk bahkan materi yang disampaikan sangat mudah difahami. Dan pada akhir sesi peserta diberikan tugas untuk membuat sebuah tulisan sebagai bahasan pada hari kedua.

Salman Faris Fasilitator Potografer

Salman Faris banyak memberikan trik-trik dalam pengambilan gambar, beliau lebih menekankan pada pengambilan suatu obyek atau media agar dengan cepat dapat dimengerti oleh masyarakat walau tanpa ada keterangan gambar, materi ini pun sangat diminati oleh peserta, bahkan dalam penyampainnya fasilitator  banyak mengadopsi aji pamungkas dari si Abu Macel, sehingga peserta yang mengikuti pelatihan tidak merasa lesu menerima materi dari pagi hingga sore hari.

Ke-khas-an kedua fasilitator memang sangat membantu dalam acara untuk memacu semangat belajar dari peserta agar lebih ingin tahu tentang semua yang berhubungan dengan dunia Publikasi dan Jurnalistik.

Sebelum mengakhiri semua program pelatihan yaitu Rencana Tindak Lanjut (RTL) terlebih dibangun kesepakatan antara panitia dan peserta untuk melajutkannya pad pukul 20.00 Wita setelah santap malam. Dan tanpa diduga pada saat itu Bapak Bupati Lombok Tengah H. SUHAELY F. T. Sedang istirahat di restauran Hotel TASTURA setelah berkunjung kesalah satu desa di daerah lombok tengah bagian selatan,  dan salah seorang dari panitia (Abdul Hamid) menghapiri orang nomor 1 di loteng ini untuk menjelaskan keberadaan kami di Kuta dan sekaligus memohon agar kiranya berkesempatan memberikan motivasi dan pencerahan  kepada kami semua, Gayung bersambut dan Bapak Bupati banyak memberikan penjelasan mengenai rencana program pembangunan di Lombok Tengah salah satu program unggulan yang lebih dikenal dengan singkatan RR (Rurung Reban/Jalan dan Selokan), selain itu beliau juga menjelaskan kalau jalan jurusan Kopang Waje Geseng akan di Hot Mix tahun 2011 ini serta akan memberikan 10 ekor sapi kepada semua masjid se-Lombok Tengah sebagi modal dasar sekaligus lahan pembuka lapangan kerja baru bagi Remaja Masjid sebagai pengelolanya, dalam kesempatan yang sangat berharga ini beliau juga mengungkapkan pemberian dana santunan sebesar Rp. 500.000,- bagi keluarga miskin yang meninggal dunia. Dan sebagai penutup Bapak Bupati berpesan agar semua peserta tidak kendur semangatnya untuk selalu dan terus burjuang demi kepentingan masyarakat paling bawah walau tanpa pamrih, karena suatu saat nanti tonggak kepemimpinan mungkin akan berada di tangan anda-anda ungkap Bapak Bupati . Amin ya rabbal alamin.

Poto bersama setelah selesai pelatihan, Fasilitator, Peserta dan Panitia

One response

  1. hamid

    foto yang menarik,cuman satu saran saya kalau bisa gunakan camera yang canggih biar hasilnya tambah mantap.

    1 April 2011 pukul 19:18

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s