Media Partisipatif

DEMOKRASI MILIK SEMUA LAPISAN MASYARAKAT

PEMILIHAN KEPALA DUSUN SECARA DEMOKRASI

Kopang Rembiga adalah sebuah desa yang sekaligus sebagai Ibu Kota Kecamatan Kopang yang terletak di sebelah Timur Mataram ibu kota propinsi Nusa Tenggara Barat. Jarak Kecamatan kopang dari Mataram ± 30 Km atau sekitar setengah jam perjalanan yang terletak ditengah pulau Lombok tepatnya dikabupaten Lombok Tengah.
Desa Kopang Rembiga merupakan barometer untuk desa-desa yang ada di Lombok Tengah, ini terbukti dari sukses dan tidaknya penyelenggaran sesuatu kegiatan dan program di desa Kopang akan sangat mempengaruhi Pembangunan maupun suhu Politik di Kawasan Lombok Tengah.
suasana tes pilkadusDengan kondisi seperti sekarang ini maka patutlah Desa Kopang Rembiga memberikan contoh kepada desa yang lain bagaimana caranya menjalankan sebuah demokrasi yang aman, damai dan terkendali. Hal ini terbukti dengan telah diadakannya Pemilihan Kepala Desa yang dilaksanakan pada tahun 2009 lalu diamana proses penjaringan, penyaringan, pawai damai (araka-arakan calon kepala desa) sebagai bentuk sosialisasi kepada kalayak umum dan debat calon kandidat sampai dengan pengumuman hasil perolehan suara Calon Kepala Desa Terpilih berjalan cukup damai dan aman tanpa ada riak-riak yang menggoyangkan persatuan dan keutuhan bermasyarakat warga desa Kopang, ini adalah sebuah keberhasilan yang tak ternilai harganya dan merupakan satu-satunya proses pemilihan kepala desa dikawasan Lombok Tengah pada khususnya dan NTB pada umumnya, bahkan mungkin di Indonesia.
Belajar dari keberhasilan tersebut, maka pada pemilihan Kepala Dusun yang akan dilaksanakan saat ini tidaklah bermimpi bila Panitia PILKADUS yang sebagian besar anggotanya merupakan anggota dari Berugak Dese dengan bersusah payah memikirkan, merencanakan dan menganggarkan serta menata sebuah konsep secara Demokratis, akomodatif dan tranfaransi.
6 Dusun dari 7 dusun yang direncanakan akan melakukan Pilkadus, panitia dalam penjaringan hanya mendapatkan 14 Bakal calon yang mendaftar dari 6 dusun dan 1 dusun yaitu dusun Bore tanpa ada bakal calon. Dari ke 14 Balon ini hanya 1 orang tidak lulus secara administrasi (dari dusn Bebak)terkait dengan usianya belum mencukupi 25 tahun (kurang 4 bulan), dan telah dilakukan tes tulis pada tanggal 17 Februari 2011 yang disaksikan oleh BPD, Panwas Pilkadus, LKMD, Danramil serta bebepara masyarakat yang menghasilkan : saudara Azhar dari Dusun Jelojok akan menghadapi Kotak kosong, Satral dari dusun Pengkores akan menghadapi kotak kosong juga, dusun Lauk Rurung I memilki 3 orang calon yang akan bersaing memperoleh suara terbanyak yaitu Muridun, Mansur dan Takdir sedangkan Saharudin tidak lulus tes tulis karena sebagai juru kunci dari hasil tes tertulis. Awaludin dan Zaenal Abidin akan bersaing di dusun Lok, dusun Jontak sebagai calonnya adalah Rifa’an dan Maedan, sedangkan dusun Bebak terdapat 3 calon yaitu : Muzhab, Hapippudin, S.Pd dan Saleh Husni, A.ma.
Panitia Pemilihan Kepala Dusun telah menyusun jadwal kampanye dari masing-masing kandidat kepala dusun mulai dari tanggal 18 s/d 24 Februari 2011, sedangkan pemilihannya akan berlansung secara serentak di 6 dusun pada hari sabtu tanggal 26 Februari 2011.

Yang menang jangan terlalu bangga dan membusungkan dada, begitu juga dengan yang kalah jangan terlalu berkecil hati dan larut dalam dalam kesedihan, karena setiap perlombaan, setiap pertandingan dan setiap pemilihan tentulah ada yang kalah dan ada yang menang, tidak mungkin semua jadi pemenang dan semua jadi kalah, tapi mari kita merenung dan ambilah semua ini sebagai pembelajaran, agar kita dapat intropeksi tentang kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Karena mensyukuri apa yang kita dapatkan merupakan anugrah dari Allah S.W.T
Amin……

Salam
(Kartala)

One response

  1. Informative article, just what I was looking for.

    9 April 2013 pukul 16:04

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s