Media Partisipatif

MUSYAWARAH ????

MUSRENBANGDES

Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2011 sebagai acuan kegiatan pembangunan desa pada tahun 2012 mendatang telah terlaksana dengan sukses. Dimana kegiatan  Musrenbang ini merupak suatu kewajiban bagi semua desa untuk melaksanakannya, karena acara ini bukan bentuk seremonial  yang selama ini didengung-dengungkan oleh masyarakat. Bagaimana Desa bisa berencana dan menganggarkan suatu kegiatan pembangunan didesanya tanpa tahu kebutuhan masyarakatnya hingga lapisan paling bawah, karena musrenbang diawali dengan penggalian gagasan dari  tingkat Dusun yang melibatkan semua kelompok masyarakat, kaum wanita, pengusaha, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta kelompok masyarakat  termajinalkan yang selama ini dipandang sebelah mata, Semua dapat dengan leluasa menyuarakan kebutuhan masing-masing tanpa segan, tanpa ada tekanan ataupun paksaan dari pihak manapun untuk dirumuskan sebagai suatu  kebutuhan dasar dari masyarakat itu sendiri. Pada kesempatan ini Berugak Dese ditunjuk sebagai Fasilitator Kecamatan oleh BPMD Lombok Tengah untuk memfasilitasi pelaksanaan Musrenbangdes di 9 desa Sekecamatan Kopang. Musrenbang ini diawali dengan pertemuan koordinasi antara semua SKPD dan badan serta ormas-ormas yang ada di Lombok Tengah untuk menentukan dan menyusun jadwal pelaksanaan di tingkat desa. Sehingga Kecamatan Kopang mendapatkan jadwal pelaksanaan musrenbang pada tanggal 17 s/d  19 Januari 2011. Karena Kecamatan Kopang terdiri dari 9 Desa maka disepakati penjadwalannya dibagi menjadi 3 desa dalam satu hari, sehingga kamipun dari Lembaga Berugak Dese membagi tim  menjadi 3 Kelompok, dimana tim tersebut akan memfasilitasi 3 desa selama 3 hari. Adapun pembagian Tim Fasilitator terdiri dari : Tim I = Lalu Safrudin, Abdul Hamid, Lalu Mas’ad dan Habibah, Tim II = Rukmawati, Wahyu Nursamsu, Karyadi Jaya dan Shril, sedangkan Tim III terdiri dari : Napsiah, Abdillah, Lalu Kartala dan Baiq Maria Hulfa.

Tim I : Memfasilitasi Desa Darmaji tanggal 17, Dasan Baru tanggal 18 dan Desa Waja Geseng tanggal 19 Januari.

Tim II : Memfasilitasi Desa Monggas tanggal 17, Desa Montong Gamang tanggal 18 dan Desa Lendang Ara tanggal 19 Januari.

Tim III : Memfasilitasi Desa Muncan tanggal 17, Desa Kopang Rembiga tanggal 18 dan Desa Bebuak tanggal 19 Januari.

 

Sebelum memasuki acara pokok yaitu Musrenbangdes, ke 3 tim Fasilitator Berugak Dese yang dibantu oleh masing-masing 2 orang Paskel PNPM terlebih dahulu melakukan persiapan yaitu memfasilitasi pembentukan Tim Perumus sebagai sekaligus senagai Panitia Pelaksana, Penentuan Fasilitator masing-masing bidang kegiatan (Infrastruktur, Ekonomi, Sosial Budaya dan Penguatan Kafasitas Aparatur) serta penganggaran (Menyusun RAB) yang dilaksanakan dari tanggal 12 sampai dengan 14 Januari 2011 di 9 Desa se-Kecamatan Kopang.

Selain memberikan sambutan Bapak camat Kopang (Drs. LALU SUDIARTHA) sekaligus membuka acara Musrenbangdes 2011, yang dilanjutkan dengan pemaparan Kepala desa dari masing-masing desa, menjabarkan  kegiatan pembangunan desanya selama setahun dan memberikan informasi rencana pembangunan desa pada tahun ini sesuai dengan hasil musrenbang tahun lalu agar masyarakat memiliki gambaran mau apa, bagaimana dan mau dibawa kearah mana pembangunan desa kedepan dari hasil kegiatan yang sedang berlangsung.

Alhamdulillah, Anggota Dewan dari Komisi D – DPRD Tingkat II Lombok Tengah Daerah Pemilihan II Kopang-Janapria (Moh, Rais Ishak, SH dan Mas’il) dapat hadir ditengah –tengah masyarakat sebagai Nara Sumber  Musrenbangdes, dan ikut berperan aktif dari awal sampai selesainya acara, sehingga beliau dapat menyaksikan sendiri bagaiman gigihnya masyarakat mengusulkan suatu kegiatan yang betul-betul sangat mereka butuhkan dan bukan merupak suatu keinginan belaka. Hal Ini dapat dilihat pada saat pemeringkatan tindakan  dimana utusan dari masing-masing dusun mempertahankan usulannya di tingkat desa, agar dapat menjadi rangking I dalam sekala prioritas pembangunan desa di tahun depan.

Semoga semua kebutuhan dan jerih payah masyarakat lapisan paling bawah dapat diakomodir oleh pemegang kekuasaan agar selogan Bottom Up dan bukan Top Down merupakan wajib hukumnya.

 

Kompak selalu

(lalu kartala)

 

2 responses

  1. dayat

    Tolong beritanya di muat lebih cepat, krn kalau di muat sekarang sudah telat 10 hari dari tanggal 17 jan 2011 pelaksanaan musrenbangdes nya

    27 Januari 2011 pukul 06:29

  2. http://montonggamang.wordpress.com/

    16 April 2011 pukul 10:36

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s