Media Partisipatif

7 Komitmen Bupati Loteng, akankah terealisasi atau hanya sekedar janji belaka ?….

Penyerahan secara simbolis dana BLM Tahap III PNPM Mandiri Perkotaan dan PPIP Kabupaten Lombok Tengah di Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang pada hari senin tanggal 13 Desember 2010 yang diserahakan langsung oleh Bapak Bupati Lombk Tengah TGH. SUHAELY kepada 4 orang perwakilan dari 2 kecamatan yaitu Kecamatan Kopang Dan Kecamatan Praya

Ini merupakan kunjungan pertama Bupati terpilih pada Pemilihan Kepala daerah dan Wakil Kepala daerah Lombok Tengah Tahun 2010 yang telah berlangsung secara aman dan damai.

Acara yang merupakan gawe dari Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (Forum BKM) Lombok Tengah ini selain dihadiri oleh Bapak Bupati juga dihadiri oleh Bapak Dirjen Pemberdayaan, Ketua DPRD Tk.II Lombok Tengah serta Ketua Komisi yang dihadiri oleh Bapak Haji Muh. Rais Ishak, SH. Dra. Nurul Huda,  Camat dari 2 Kecamatan yang menerima Dana BLM, Kepal Desa dari dari 2 kecamatan, Kepala SKPD / badan dan Kepala UPT Sekecamatan Kopang, Muspika,  Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Unsur Kepemudaan, Organisasi Masyarakat Sipil serta masyarakat setempat.

Pada acara ini Bapak Bupati mendapat sambutan yang sangat-sangat  meriah dari para hadirin begitu mendengarkan paparan rencana Program yang telah disusunnya.

Seperti : Pembangunan Pasar Jelojok Kopang, Pabrik Pengolahan Beras, Pabrik Pengolahan Buah yang nantinya diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja.

Adapun janji Bapak Bupati baru pada kesempatan itu lebih dikenal dengan sebutan 7 janji Bupati.

  1. Pendidikan gratis bagi siswa miskin dari tingkat SD sampai SMA sederajat.
  2. Persalinan gratis bagi seluruh ibu hamil yang melahirkan di RSUD dan Puskesmas.
  3. Fasilitasi lahirnya 250 Koperasi unggulan dan 10 ribu Wirausaha.
  4. Pembangunan Pos Keamanan Terpadu di setiap Desa.
  5. Meningkatkan ADD
  6. Reformasi birokrasi dengan pemimpin yang berdiri didepan sebagai teladan.
  7. Santunan kematian bagi masyarakat.

Kedatangan Bapak Bupati Lombok Tengah ke Desa Kopang disambut di Monumen Pancasila Desa Kopang Rembiga yang dilanjutkan dengan berjalan kaki diiringi oleh Pemuda dan Pemudi yang menggunakan pakaian adat serta Gendang Beleq, sepanjang perjanalan masyarakat sangat bersemangat ingin melihat secara langsung orang nomor 1 di Loteng ini  hingga halaman Kantor Desa Kopang Rembiga sebagai tempat berlangsung acara.

Forum BKM Loteng sebagai yang punya gawe telah mengemas acara ini dengan begitu apik sehingga tidak terkesan protokuler, karena BKM sendiri merupakan suatu program yang bersentuhan langsung dengan masyarak paling bawah. Dalam acara ini juga Forum BKM Loteng menampilkan Foto-foto hasil kegiatan dari m asing-masing desa dari 2 kecamatan penerima dana BLM ini, seperti Pemasangan Paping Block, Rabat Jalan, Pembuatan SPAL, Rehab Rumah Tidak Layak Huni, Penyediaan Sarana Air Bersih Perpipaan, Pembangunan Jamban Umum, Penaludan, Pengerasan Jalan, dan lain-lain yang menyangkut hajat hidup masyarakat setempat.

PNPM Mandiri Perkotaan dan PPIP merupakan salah satu program nasional yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dengan pendanaan saring antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta menuntut peran serta masyarakat, program ini sendiri adalah hasil dari penggalian gagasan yang merupakan kebutuhan riil dalam  masyarakat tingkat paling rendah, sehingga hasil yang diharapkan dapat maksimal karena didalamnya terdapat peran serta masyarakat secara langsung berupa swadaya dan tanggung jawab pemeliharaan terhadapa sara dan prasarana yang telah mereka usulkan, rencanakan, dan kerjakan.

Semoga dapat terlaksana dan sukses selalu.

Isikan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s